kamera leica

Setelah Xiaomi, Kini iPhone juga Bisa Dipake Motret ala Leica

BERITA KAMERA | Bagi anda penggemar fotografi profil warna Leica, saat ini tidak hanya bisa dinikmati di segelintir ponsel, misalnya, dulu hanya di Huawei seri tertentu dan kemudian “pindah” ke Xiaomi. Namun kini, di iPhone pun latah membenamkan aplikasi Leica Lux berbayar.

Pengguna iPhone kini bisa menjajal profil warna andalan Leica di ponselnya itu, caranya dengan menggunakan aplikasi Leica Lux yang berbayar. Tampaknya, Leica ingin mengikuti kesuksesan Fujifilm yang “film simulation-nya” menjadi sangat populer.

Leica Lux tersedia di App Store dan mempunyai 11 profil warna yang dinamai “Leica Looks”, dan dibuat untuk menyerupai warna-warna yang dihasilkan oleh kamera Leica, demikian dilansir detikINET dari The Verge, Jumat (7/6/2024).

Selain bisa digunakan dalam mode otomatis, Leica Lux juga bisa dipakai dalam mode Aperture, yang bisa meniru gaya dan efek bokeh dari lensa-lensa Leica yang harganya ribuan dolar, seperti Summilux-M 35mm f/1,4 ASPH dan Noctilux-M 50mm f/1,2 ASPH.

Ada lima Leica Looks dan satu lensa yang bisa dinikmati di Leica Lux gratisan, sementara untuk membuka semua profil warna, lensa, dan bermacam fitur pro lain pengguna harus membayar USD 6,99 perbulan atau USD 69,99 pertahun.

Secara tampilan, aplikasi Leica Lux ini terlihat punya kemiripan dengan aplikasi kamera populer di iOS, yaitu Halide. Penggunanya juga bisa dipakai untuk mengunduh gambar dari kamera Leica yang dimiliki.

Namun yang harus diingat adalah iOS selama ini dikenal tidak terlalu “ramah” terhadap aplikasi fotografi pihak ketiga. Fitur-fiturnya tak akan semaksimal dibanding menggunakan aplikasi kamera bawaan iOS. Misalnya, pengguna tak bisa mengubah mode portrait setelah foto dijepret menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ini bukan pertama kalinya Leica berusaha mengeruk keuntungan dari pengguna loyalnya. Sebelumnya mereka juga pernah memaksa pengguna kamera Leica untuk membayar biaya bulanan jika ingin mengintegrasikan aplikasi Leica Fotos ke Adobe Lightroom, yang kemudian diprotes banyak penggunanya. []

Check Also

xiaomi 15 pro

Siap-Siap Xiaomi 15 Pro Jadi ‘Pembunuh’ iPhone 15 Pro, Ini Bocorannya

BERITA KAMERA | Xiaomi 14 Pro yang diluncurkan Oktober 2023 lalu di China, masih eksklusif …

Leave a Reply