Kejutan Baru, Apple dan Google akan Kerjasama untuk Produk iPhone 16

BERITA KAMERA | Kejutan itu datang dari Apple dan Google, pasalnya keduanya akan bekerja sama. Langkah tersebut disebutkan demi memberikan pengalaman Artificial Intelligence (AI) yang mumpuni di iPhone 16.

Apple bertemu dengan sejumlah perusahaan AI untuk mengembangkan fitur kecerdasan buatan di berbagai lini produknya. Laporan Mark Gurman dari Bloomberg menyebut produsen iPhone nampaknya akan bermitra dengan Google melalui Gemini.

Pengumuman kerja sama ini dilakukan saat peluncuran iPhone 16 pada September mendatang, dikutip dari Mashable, Kamis (4/7/2024).

Jika laporan itu benar, Google jadi perusahaan berikutnya yang diajak kerja sama dengan Apple. Sebelumnya perusahaan asal Cupertino Amerika Serikat (AS) itu mengumumkan kemitraan dengan OpenAI dalam acara WWDC bulan Juni lalu.

Kerja sama dengan beberapa perusahaan disebut karena Apple ingin membuka opsi pengguna menggunakan model AI selain buatan perusahaan.

Selain Google, Apple diketahui juga bertemu dengan Anthropic dan Meta. Pertemuan Apple dan Google terkait integrasi AI telah dilakukan bulan Maret lalu dan nampaknya berjalan dengan baik.

Sementara dengan Meta, Gurman mengatakan Apple tidak tertarik bertemu. Meta disebut sebagai yang menghubungi Apple untuk integrasi Llama pada iOS.

Apple memang diketahui kerap memberikan kritikan tajam pada praktik privasi yang dilakukan Meta. Selain soal keamanan, Gurman menyebut Apple menilai model AI milik Meta tidak sebaik dengan OpenAI, Google, serta Anthropic.

Tapi kita masih perlu menunggu hingga sekitar September untuk mengetahui kebenaran soal isu kemitraan dua perusahaan besar tersebut.[]

Check Also

Yuk Mengenal Apa itu Ransomware dan Cara Menghindarinya

BERITA KAMERA | Asisten Profesor dan Koordinator Program Magister Keamanan Siber Monash University, Indonesia Dr. …