Inilah 4 Cara Mengembalikan Performance Handphone Bisa Ngebut

BERITA KAMERA | Kinerja Handphone (HP) android yang tidak maksimal atau sering dikatakan lemot akan membuat penggunanya terganggu.

Apalagi jika HP yang digunakan untuk mobilitas tinggi, seperti bekerja, bermain game, menonton film dan lain sebagainya.

Banyak pengguna yang mengeluhkan dan ingin segera ganti HP jika mengalami lemot saat digunakan.

Padahal jika ganti HP pasti permasalahan lemot juga akan terjadi meskipun HP yang terbaru memiliki penyimpanan yang besar.

Bukan berarti ganti HP menyelesaikan masalah, justru pengguna akan mempunyai masalah yang sama.

Lantas, bagaimana jika mengalami HP android lemot yang terus menerus padahal kapasitas memori HP sudah besar?

Mungkin 4 cara ini bisa dilakukan untuk mengembalikan kinerja HP agar tak lemot lagi.

1. Update OS yang membutuhkan banyak kapasitas

Dalam kurun waktu satu tahun, sebuah HP android pasti muncul versi terbaru. Untuk mengupdate OS terbaru biasanya memakan banyak ruang.

Saat kapasitas memori pada HP android tak memadai maka akan berpengaruh pada kinerja HP tersebut. Akibatnya HP android menjadi lelet dan tak bekerja secara optimal.

2. Tempat penyimpanan internal penuh

Sebuah HP android yang tiba-tiba eror bisa jadi disebabkan oleh kapasitas ruang memori yang hampir penuh.

Setiap HP android pasti dibekali ruang penyimpanan internal. Nah saat ruang penyimpanan tersebut hampir penuh maka akan mempengaruhi kinerja sebuah HP android pintar.

3. Aplikasi masih banyak yang terbuka

Nah hal ini yang kerap tak disadari beberapa pengguna HP android pintar. Mereka membiarkan begitu saja aplikasi yang telah dibukanya. Saat layar berada di posisi Home, sejatinya HP android masih bekerja meski aplikasi telah ditutup.

Hal itu sama saja dengan RAM yang masih bekerja. Jika sudah begitu, jangan sebal saat HP android mu tiba-tiba lemot dan lelet.

Saat usai membuka aplikasi, pastikan aplikasi tersebut benar-benar tertutup. Jangan biarkan RAM tetap bekerja saat aplikasi sudah tak kamu gunakan.

4. Periksa aplikasi pihak ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin berjalan di latar belakang atau memiliki masalah yang dapat memengaruhi kinerja perangkat.

Coba uninstall atau nonaktifkan aplikasi yang mungkin menjadi penyebabnya.[]

 

 

Check Also

Tips Memilih Tas Kamera yang Pas untuk Traveling

BERITA KAMERA | Membawa perlengkapan kamera saat traveling bagi seorang hobi fotografi harus dipastikan perlengkapannya …