Jepang Pecahkan Rekor Baru Kecepatan Internet, Tembus 402 Tbps

BERITA KAMERA | Tim peneliti di National Institute of Information and Communications Technology (NICT) berhasil kembangkan teknologi yang bisa hasilkan internet dengan kecepatan paling “ngebut” di dunia.

Dikutip dari Tech Times, internet yang digunakan dapat mencapai kecepatan transmisi data sebesar 402 terabit per detik dengan menggunakan fiber optik. Angka tersebut diperkirakan sekitar 1,6 juta kali lebih cepat daripada kecepatan broadband di Amerika Serikat.

Broadband adalah jenis koneksi internet dengan kecepatan tinggi yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data lebih cepat dengan menggunakan kabel, fiber optik, atau saluran pelanggan digital (DSL).

Dalam prosesnya, para peneliti membangun sebuah sistem menggunakan semua pita transmisi fiber optik standar dan menerapkan berbagai teknologi amplifikasi.

Menurut NICT, metode baru untuk mengakses pita panjang gelombang yang sebelumnya tidak digunakan ini, dapat menjadi penting bagi jaringan telekomunikasi masa depan.

Teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas komunikasi infrastruktur optik secara signifikan, serta memenuhi permintaan layanan data yang terus meningkat.

Hingga Mei 2024, kecepatan broadband rata-rata di AS mencapai 248,27 Mbps untuk unduhan dan 34,23 Mbps untuk unggahan.

Meningkatnya permintaan akan layanan internet dan data telah menambah kebutuhan akan broadband transmisi optik di masa depan.

Kendati demikian, NICT mengakui bahwa penerapan praktis langsung dari pencapaian ini memerlukan kehati-hatian. Meskipun menggunakan serat optik standar untuk mencetak rekor dunia baru, keberhasilan itu diraih dalam kondisi laboratorium yang optimal.

Sementara, penerapan sebagian kecil dari terobosan ini dalam skenario dunia nyata akan memerlukan penelitian ekstensif dan sumber daya yang signifikan.

Merujuk laman Speedtest Global Index hingga Mei 2024, Jepang berada pada peringkat ke-16 dari 147 negara di dunia untuk koneksi internet dengan menggunakan fixed broadband.

Kecepatan unduh dengan menggunakan fixed broadband rata-rata di Jepang mencapai 45,17 Mbps, sementara kecepatan unggahnya mencapai 8,72 Mbps. Untuk jaringan seluler, Jepang berada pada peringkat ke-65 dunia dengan kecepatan unduh rata-rata sebesar 45,17 Mbps dan kecepatan unggah rata-rata sebesar 8,72 Mbps.[]

 

Check Also

Yuk Mengenal Apa itu Ransomware dan Cara Menghindarinya

BERITA KAMERA | Asisten Profesor dan Koordinator Program Magister Keamanan Siber Monash University, Indonesia Dr. …