perplexity canggih

Cek Bisa Apa Saja Perplexity, Aplikasi Pengganti Google Super Canggih

BERITA KAMERA | Google mulai digoyang. Dominasi Google sebagai raja mesin pencari di dunia terancam akibat kemunculan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Meski Google turut mengembangkan AI dalam ekosistem produknya, namun banyak perusahaan bermunculan untuk menantang eksistensi perusahaan asal Mountain View tersebut.

Salah satunya Perplexity, yakni platform pencarian berbasis AI. Perplexity baru saja meluncurkan fitur baru yang dinamai ‘Pages’. Fungsinya pun canggih, yakni menyodorkan laman web sesuai dengan perintah (prompt) yang diberikan pengguna.

Fitur ini terasa seperti toko satu pintu yang memungkinkan pengguna melakukan riset secara lebih mudah terkait sebuah informasi. Perplexity akan menghimpun berbagai informasi terkait dan menuliskan informasi-informasi apa saja yang relevan bagi pengguna.

Fitur Pages pada Perplexity bisa dibilang sebagai tahapan lebih lanjut dari pencarian informasi. Selain menemukan informasi yang relevan, pengguna bisa langsung mendapatkan presentasi dalam bentuk seperti riset dan bisa dibagikan ke orang lain, dikutip dari TheVerge, Senin (3/5/2024).

Fitur tersebut dikatakan akan sangat membantu peneliti, pengajar, dan orang yang memiliki hobi tertentu untuk membagikan pengetahuan mereka terkait sebuah informasi.

Cara menggunakannya mudah. Pengguna tinggal memasukkan prompt terkait informasi tertentu. Lalu, gaya penulisan yang diinginkan bisa dipilih apakah menyasar pembaca ‘beginner’, ‘pakar’, atau audiens umum.

Perplexity lalu akan mencari berbagai informasi terkait, kemudian mulai menuliskan laman secara sistematis. Mulai dari membuat perincian informasi berdasarkan bagian tertentu, memaparkan sumber-sumber terpercaya, hingga menambahkan visual.

Berdasarkan prompt yang dibuat, pengguna bisa membuat Pages yang sangat detil dan terperinci sesuai kebutuhan. Pengguna juga bisa mengedit teks yang dihasilkan atau visual yang dipampang.

Perplexity bisa diakses melalui laman https://www.perplexity.ai/. Namun, fitur Pages masih dalam bentuk uji coba dan bisa dinikmati secara luas dalam beberapa pekan ke depan.[]

Check Also

Teknologi 5G akan Berikan Kontribusi untuk Ekonomi Nasional

BERITA KAMERA | Indonesia sedang mengalami fase transformasi besar dengan diperkenalkannya teknologi 5G, yang diharapkan …

Leave a Reply