Kenali Sebelum Beli, Ini Spesifikasi Printer Epson L120

Saat ini banyak beredar pilihan merk printer dengan berbagai spesifikasi. Salah satu merk printer yang lumayan terkenal adalah Epson. Epson sendiri juga masih memiliki banyak tipe printer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kali ini, akan kita bahas soal Epson L120. Tipe printer ini sekilas tidak akan berbeda jauh dengan printer lainnya, namun akan kita ulik lebih mendetail soal penampilan fisik dan juga performanya.

Printer epson L120 adalah printer L series yang dirilis pertengahan tahun 2019. Tipe printer ini adalah penyempurnaan dari L series sebelumnya. Pihak Epson menyatakan bahwa printer ink tank ini tidak menggunakan selang yang terlihat di bodi luarnya. Selain itu, tidak ada choke valve yang biasanya berfungsi untuk mengunci tinta. Tentunya hal ini akan memudahkan jika ingin memindahkan printer ke tempat lain tanpa khawatir tinta tumpah karena tangki tinta sudah menyatu dengan bodi printer. Selain itu, selang tinta langsung terhubung di luar printer sehingga tampak ringkas.

Bodi dan dimensi

Material bodi yang digunakan di printer ini masih sama dengan L series tipe sebelumnya yakni berbahan plastik tebal berwarna hita yang nampak kokoh. Namun demikian, desain printer ini tampak lebih ringkas dan langsing. Dimensinya memiliki tinggi 13 cm dan lebar 21,5cm. Sedangkan untuk panjang printernya kurang lebih sekitar 46 cm.

Spesifikasi

Setelah kita bahas desain bodi dan dimensinya, mari kita bahas soal spesifikasinya. Printer Epson L120  memiliki keunggulan untuk efisiensi saat cetak dokumen. Dengan sistem tangki tintanya, printer ini memiliki kecepatan yang baik untuk mencetak dokumen. Tidak hanya itu, reliabilitasnya tinggi dan tentu saja akan hemat dalam pencetakan. Teknologi cetak yang digunakan juga sangat berpengaruh dengan kualitas cetakan. Adapun printer ini menggunakan print method On-Demand Ink Jet (Piezo Electric) dengan resolusi maksimal 720 x 720 dpi. Kecepatan cetaknya hingga 5 imp images per minute). Dengan begitu, waktu untuk mencetak dokumen menjadi lebih singkat.

Paper Handling

Paper handling adalah spesifikasi yang menggambarkan tentang proses masuk dan keluarnya kertas pada printer. Spesifikasi ini penting untuk diketahui karena menjadi penanda handal tidaknya printer mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Adapun paper tray printer ini hanya satu dengan kapasitas 50 lembar kertas. Ukuran kertasnya pun beragam, mulai dari A4 hingga ukuran maksimalnya 5 x 4.4 inchi. Untuk margin cetaknya 3mm pada tiap sisinya. Spesifikas ini tidak berbeda jauh dengan printer lain pada umumnya.

Daya listrik

Daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan printer ini adalah AC 100-240V / 220-240V dengan frekuensi listrik 50-60 Hz.

Kelebihan

Setelah kita bahas di atas, sampailah kita pada kesimpulan kelebihannya. Pertama, bodinya yang ramping membuat printer ini lebih ringkas bila diletakkan di mana pun. Selain itu, Printer Epson L120 ini memiliki kecepatan cetak dan efisiensi yang baik. Dengan 700 ml tinta hitam, Epson L120 bisa mencetak hingga 4000 lembar cetakan hitam putih. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa printer ini cocok untuk digunakan di kantor maupun untuk anak kuliah.

Kekurangan

Adapun kekurangan dari printer ini adalah hasil cetaknya yang kurang tajam. Warna yang dihaslkan kurang tampak nyata. Sehingga bagi Anda yang memiliki kebutuhan tinggi untuk mencetak dokumen warna sepeti misal brosur, poster dan lain sebagainya, penggunaan printer ini tidak disarankan.

Kesimpulan

Setelah selesai mengulas printer ini, pada kesimpulannya, printer Epson L120 merupakan printer kelas menengah yang cukup baik dijadikan pilihan. Dengan harga yang hanya sekitar Rp. 1.500.000 an saja, Anda sudah dapat memiliki printer ini.