Google Resmi Menutup goo.gle, Berikut Alternatif Penyingkat URL Lainnya

goo.gl

URL atau Uniform Resource Locator merupakan rangkaian karakter baik simbol, huruf, maupun angka yang tersusun sesuai format tertentu yang menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah homepage (alamat suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan). URL umumnya tersusun atas banyak karakter dan membentuk susunan yang panjang. Hal itu tentunya akan menyulitkanmu saat menjalani aktifitas share link pada teman.Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, telah hadir beberapa situs yang menyediakan layanan untuk menyingkat URL. Salah satu situs penyingkat URL yang cukup populer yaitu goo.gl.

goo.gl

Situs goo.gl merupakan situs penyingkat URL yang disediakan oleh Google. Kepopuleran Google membuat situs ini pun cukup populer di kalangan pengguna internet. Namun, tanggal 30 Maret 2019 lalu, Google secara resmi menutup dan mematikan situs ini dan menggantinya dengan Firebase Dynamic Link (FDL). Apa itu FDL? Yuk simak ulasannya dan rekomendasi beberapa situs penyingkat URL lainnya berikut ini!

Google Resmi Menutup goo.gle, Berikut Alternatif Penyingkat URL Lainnya

 

Firebase Dynamic Links (FDL)

goo.gl

Firebase Dynamic Links (FDL) merupakan situs buatan Google sebagai pengganti goo.gl. Google merupakan situs penyingkat url yang lebih canggih dari goo.gl yang selain menyingkat URL, FDl juga mampu memantau jumlah klik pada URL, membagikannya ke berbagai perangkat, dan berisi sejumlah informasi lainnya. FDL memungkinkan kamu mengetahui jumlah klik, lokasi negara, serta jenis platform yang digunakan pengguna internet untuk meng-klik URL-mu.

Is.gd

goo.gl

Situs Is.gd merupakan situs penyingkat URL yang memungkinkan kamu untuk menyingkat URL tanpa harus memiliki akun di situs tersebut. Namun, Is.gd hanya menyediakan layanan untuk menyingkat URL tanpa mengubah atau mengubahnya sesuai keperluanmu. Situs ini juga menyediakan layanan untuk mengubah short url ke bentuk barcode. Uniknya, Kamu dapat memantau traffic jumlah klik tanpa login.

Adf.ly

goo.gl

Situs Adf.ly juga merupakan salah satu situs penyingkat URL yang menyediakan layanan penyingkat URL tanpa Kamu harus login atau memiliki akun di situs ini. Kelebihan situs ini yaitu situs ini akan memberikan $5 pada pengguna yang link-nya telah diklik sebanyak 1500 kali. Situs ini juga menyediakan layanan untuk pemasangan iklan. Namun, kamu harus melakukan login untuk melakukan pemantauan traffic jumlah klik URL-mu.

S.id

goo.gl

Situs S.id merupakan situs penyingkat URL buatan anak bangsa. situs ini dibuat oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia. Kamu dapat menyingkat URL tanpa login. Namun kamu harus mendaftar akun dan login jika ingin menikmati layanan lainnya seperti mengetahui pengunjung website, mengubah atau mengkostumisasi URL, dan mengolah data pengunjung secara real-time.

Manfaat

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari situs penyingkat URL antara lain

  • Mempermudah aktivitas share link

Tidak semua aplikasi media sosial memfasilitasi penggunanya untuk meng-copy atau mengklik suatu URL. Padahal, URL yang panjang sangat sulit dan bahkan tidak mungkin dihafal. Tentunya hal ini dapat menghambat aktivitas share link dari satu pengguna internet ke pengguna internet lainnya. Situs penyingkat URL ini memungkinkan penggunanya untuk menyingkat URL dan mengkostumisasinya agar semakin mudah dihafal.

  • Menghemat karakter

Bagi Kamu Twitter lover, pasti sudah tidak asing lagi dengan sedikitnya karakter yang disediakan Twitter untuk satu memposting 1 cuitan. Situs penyingkat  ini sangat berguna bagi Kamu yang ingin membagikan link melalui cuitan di Twitter.

  • Menyembunyikan Afiliasi

Situs penyingkat URL dapat digunakan untuk menyembunyikan afiliasi yang tertera pada URL aslinya.

Itulah beberapa situs penyingkat URL selain goo.gl. Masih ada beberapa situs penyingkat URL lain yang bisa Kamu simak di sini.

“Syukuri  apa yang ada tanpa harus menyesali kepergian yang pernah ada” (Anonim)