Yuk, Kenali Jenis-Jenis Lensa Kamera DSLR Dan Fungsinya

Jenis lensa kamera DSLR dan fungsinya harus diketahui dan dipahami oleh para fotografer, khususnya bagi Anda yang ingin menekuni dunia fotografi secara profesional. Kamara DSLR memiliki berbagai jenis lensa dengan fungsi yang masing-masing berbeda.

Dengan mengetahui fungsi masing-masing lensa membuat kita lebih mengetahui lensa mana yang tepat digunakan untuk menghasilkan objek yang sesuai dengan harapan. Karena banyak sekali jenisnya dan harganyapun masih terbilang mahal, kita tidak perlu memiliki semuanya. Kita hanya perlu memilih satu atau beberapa lensa sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Berikut ini kita akan membahas beberapa lensa kamera DSLR atau SLR beserta penjelasan fungsinya.

Lensa Kit Atau Lensa Normal

Ukuran lensa ini adalah 50-55mm. Dengan lensa ini gambar yang dihasilkan berkarakter normal atau natural. Fungsinya adalah untuk memetakan citra yang terlihat seperti perspektif pandangan normal pada mata manusia. Hal ini didapat karena panjang fokus lensanya sebanding dengan jarak diagonal pada bidang fokal dengan sudut padang yaitu sekitar 53 derajat.

Lensa Fixed Atau Lensa Tetap

Lensa fixed atau lensa prime merupakan lensa yang memiliki satu fokal length tunggal. Keunggulan lensa ini adalah mampu menghasilkan gambar yang tajam. Memiliki mekanisme dan konstruksi yang simple dibandingkan dengan jenis lensa lainnya.

Lensa Fish Eye Atau Lensa Mata Ikan

Di sebut lensa mata ikan karena gambar yang dihasilkan seperti pandangan mata ikan. lensa ini merupakan jenis wide angle, memiliki diameter 14mm, 15mm dan 16mm dengan sudut pandang 180 derajat. Hasil foto yang dihasilkan sedikit melengkung atau oval dan ada juga yang gepeng.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Lensa Kamera?

Lensa Ambiguitas Atau Prime Lens

Awalnya lensa ini memiliki arti sebagai lensa utama pada sebuah kombinasi sistem lensa. Misalnya dengan telekonverter itu sebabnya lensa ini disebut juga dengan istilah prime lens yang artinya utama. Sedangkan teleconverter adalah komponen tambahannya saja.

Lensa Parfokal

Lensa ini memiliki fungsi untuk mempertahankan ketajaman gambar pada bidang fokusnya walaupun terjadi perubahan di panjang fokus lensanya.

Lensa Zoom

Lensa zoom merupakan lensa gabungan dari lensa standar, tele dan wide angle. Lensa ini sangat fleksible dan memiliki jangkauan yang lumayan lebar. Pada lensa ini panjang fokus pada lensa variabelnya tidak tunggal namun bisa dirubah-rubah pada bentang tertentu mulai dari nilai minimum ke maksimum.

Lensa Tele

Lensa ini merupakan kebalikan dari wide angel. Fungsinya adalah untuk mendekatkan subjek namun mempersempit sudut pandang. Lensa yang memiliki ukuran 70 mm atau lebih bisa masuk ke dalam kategori lensa tele. Hasil gambarnya membuat pengaburan pandangan di sekitarnya, hal ini karena sudut pandangnya dipersempit. Lensa kamera ini sering digunakan untuk pengambilan jarak jauh, seperti foto landscape atau candid.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *