Trik Memilih Tripod Mini untuk Anda Pecinta Fotografi

Trik Memilih Tripod Mini untuk Anda Pecinta Fotografi

Keindahan alam sekitar memang patut untuk diabadikan. Bagi para pecinta fotografi terutama yang fokus pada keindahan alam dan fenomena sosial, mereka tidak akan merasa lelah bahkan juga rela mengeluarkan biaya serta menempuh perjalanan cukup jauh untuk mendapatkan hasil potretan yang indah. Mobilitas yang tinggi para fotografer entah yang masih pemula atau yang sudah profesional membutuhkan perlengkapan penunjangnya seperti tripod mini.

Trik Memilih Tripod Mini untuk Anda Pecinta Fotografi

Tripod yang satu ini memang multifungsi, keberadaannya banyak membantu para pecinta fotografi seperti saat travelling dan kegiatan outdoor lainnya. Bahkan banyak blogger yang membutuhkan perlengkapan satu ini untuk membantunya mengabadikan hidangan dan beragam produk yang akan dipublikasikan melalui sosial media. Agar Anda tidak membuat kesalahan dalam memilih tripod mungil ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

Perhatikan Bahan yang Digunakan

Salah satu yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih tripod mini adalah berat yang dimilikinya. Tripod ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi Anda pecinta fotografi yang sedang travelling sehingga usahakan memilih tripod dengan bahan yang ringan seperti alumunium, sehingga tidak akan menambah ribet dan repot saat Anda henda melakukan kegiatan di luar ruangan. Harga tripod dengan bahan alumunium pun cenderung terjangkau, ia juga lebih fleksibel saat digunakan.

Cek Kapasitas Beban dan Stabilitas Tripod

Memeriksa kapasitas berat yang bisa ditopang oleh tripod mini yang akan Anda beli sangat diperlukan. Pastikan berat kamera yang Anda miliki tidak melebihi kapasitas dari tripod yang hendak dipakai. Karena jika kelebihan, risiko tripod dan kamera Anda jatuh sangat besar. Apalagi jika Anda menggunakan kamera dengan lensa panjang, maka hal ini harus Anda pertimbangkan saat memilih tripod.

Pilih Kepala Tripod Sesuai Kebutuhan

Jika diulas, kepala tripod memiliki beragam jenis. Kepala tripod ini berfungsi untuk meletakkan kamera sehingga Anda harus mempertimbangkan bagaimana pergerakannya, sehingga disarankan untuk Anda memilih yang fleksibel. Kepala tripod dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Pan head yang fleksibel Anda gunakan untuk mengubah sudut secara horizontal maupun vertikal. Ia cukup memungkinkan untuk melakukan pengaturan sudut dengan tepat dan mendetail. Tripod mini ini cocok untuk kegiatan diluar dengan view landscape seperti pemandangan.
  • Ball head yaitu kepala tripod yang serbaguna yang bisa disesuaikan dengan ke atas-bawah, kiri-kanan yang sangat mudah untuk memotret objek bergerak. Namun Anda harus memperhatikan bobot kamera.

Pertimbangkan Tinggi Kaki

Meskipun dikatakan sebagai tripod mini, namun kenyatannya setiap produk memiliki spesifikasi yang berbeda termasuk dari tinggi yang dimilikinya. Pastikan ia fleksibel agar bisa dipendekkan den digunakan sebagai tongkat selfie dan dipanjangkan untuk bisa memotret objek lain seperti pemandangan.

Quick Release Shoe

Fitur yang satu ini akan memudahkan proses pemasangan kamera ke tripod mini Anda. Dengan quick release shoe Anda bisa memasangkannya terlebih dahulu pada kamera dan selanjutnya tinggal memasangkannya pada tripod, sehingga waktu pengambilan gambar lebih efisien.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *