Trik Gunakan 1 Flash Kamera untuk Hasil Profesional

Trik Gunakan 1 Flash Kamera untuk Hasil Profesional

Untuk mendapatkan hasil yang profesional, ada banyak cara yang bisa dilakukan termasuk menggunakan flash kamera eksternal. Penggunaan flash eksternal bisa memberikan pencahayaan lebih optimal terutama jika dipergunakan dengan tepat. Umumnya untuk mendapatkan hasil yang bening dan bagus, fotografer akan menggunakan lebih dari 1 flash eksternal namun Anda bisa mencoba untuk menggunakan 1 flash eksternal dan bisa mendapatkan hasil yang keren.

Trik Gunakan 1 Flash Kamera untuk Hasil Profesional 

Pertama adalah dengan menggunakan umbrella transparan. Sebelum Anda menggunakan umbrella transparan, Anda harus tahu terlebih dahulu kondisi di lingkungan anda terutama jika Anda sedang melakukan pemotretan di tempat terbuka dan bagian mana yang ingin Anda tonjolkan misalnya anda hanya ingin mengambil sisi kanan dari objek bidik anda. Anda bisa melakukan beberapa tes sebelum mengambil gambar dari objek bidik Anda.

Kedua adalah dengan menggunakan relfekor bawaan. Sama seperti menggunakan payung transparan, Anda tetap harus mempertimbangkan mengenai pencahayaan karena pencahayaan adalah hal wajib yang harus dipahami oleh fotografer. Penggunaan reflektor bawaan ini cocok untuk Anda yang hendak mengambil gambar dengan flash kamera namun saat cahaya matahari atau sumber cahaya yang ada tidak langsung menyinari model sehingga cahaya akan terlihat lebih soft dibandingkan jika memotret kala cahaya jatuh langsung mengenai sang model.

Ketiga adalah memaksimalkan over lighting. Pergunakan cahaya berlebihan yang ada di sekitar model Anda. Biasanya bagian belakang dari objek yang terkena sumber cahaya misalnya cahaya matahari akan terlihat sangat gelap karena ‘kalah’ mendapatkan cahaya. Untuk mengakalinya, Anda bisa menempatkan flash di dengan serong objek yang satu arah dengan sumber cahaya utama sehingga bagian depan dan belakang dari objek tersebut tetap bisa mendapatkan cahaya dengan baik dan gambar yang keluar akan lebih sempurna. Atur flash eksternal Anda dengan full power dan zoom agar cahaya bisa menjadi lebih terpusat di satu arah saja.

Selain ketiga hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika hendak bermain dengan external flash kamera, diantaranya adalah:

  • Perhatikan lebih dahulu dimensi ruangan. Hal tersebut disebabkan karena besar ruangan akan sangat berpengaruh pada kemampuan flash yang dihasilkan. Jika ruangan semakin kecil maka flash akan bisa tampil dengan maksimal sedangkan jika ruangan besar dan luas, maka flash yang dipergunakan bisa lebih dari 1 untuk dapat hasil maksimal.
  • Perhatikan jarak dari external flash dengan subjek. Umumnya, jarak yang dipergunakan adalah 3-5 meter untuk dapat hasil yang ideal namun jarak bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
  • Penggunaan ISO. Masing-masing kamera punya range ISO yang berbeda sehingga pengaturan kamera yang satu dengan yang lain juga akan berbeda. ISO rendah akan cocok di tempat seperti meeting room sedangkan ISO tinggi untuk kondisi ekstrim misalnya saat malam hari dan memotret di tempat yang luas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *