Tips yang Bisa Anda Terapkan untuk Memilih Lensa Tele yang Bagus

Tips yang Bisa Anda Terapkan untuk Memilih Lensa Tele yang Bagus

Lensa tele atau telephoto lens mungkin terbilang awam di telinga masyarakat. Namun untuk dunia fotografi, lensa yang satu ini memang biasa digunakan untuk memotret berbagai kegiatan fotografi, seperti foto landscape, pertandingan olahraga, dan menangkap objek burung-burung liar. Telephoto lens merupakan lensa yang didesain khusus untuk membidik objek berjarak jauh. Range focal length-nya sangat bervariasi sehingga banyak digunakan untuk berbagai jenis fotografi, termasuk untuk portrait maupun makro. Hal ini dikarenakan dapat meminimalkan distorsi sehingga gambar akan terlihat natural. Berbeda dengan lensa wide angle yang akan memberikan efek melebih-lebihkan, karena hasil bidikan yang terlihat lebar dan luas dari objek yang sesungguhnya.

 Tips yang Bisa Anda Terapkan untuk Memilih Lensa Tele yang Bagus

Berdasarkan panjang fokusnya, telephoto lens bisa dibedakan menjadi 3 sub-tipe, antara lain:

  • Lensa telephoto sedang/ lensa mid-telephoto, dengan panjang sekitar 85-100 mm, bahkan hingga 135 mm.
  • Lensa telephoto normal, dengan panjang 200-300 mm.
  • Lensa super telephoto, dengan panjang 400 mm ke atas.

Telephoto lens yang dijual sangat beragam jenis dan merknya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam memilih lensa yang satu ini, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  • Pilihlah yang memiliki focal length yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Ternyata lensa tele dengan focal length serta wide angle yang terlalu besar akan menghasilkan foto yang tidak begitu bagus ketika jarak kamera semakin dekat dengan objek foto. Untuk itu sebaiknya pilihlah lensa dengan focal length yang sesuai dengan jarak objek foto Anda. Seperti misalnya jika Anda membutuhkan lensa telephoto untuk membidik gambar secara portrait, maka lensa dengan focal length 85-200 mm mampu menghasilkan foto dengan bagus ketika dibuat blur. Untuk objek dengan jarak dekat, Anda bisa memilih lensa dengan focal length 85-135 mm. Namun jika menginginkan tangkapan dengan latar belakang yang lebih luas, lensa dengan focal length lebih dari 135 mm akan lebih baik.

  • Memiliki fitur anti goyang.

Fitur ini akan sangat berguna bagi Anda yang hendak membidik objek menggunakan super telephoto lens. Karena semakin besar focal length, akan ada kemungkinan terjadi blur pada foto yang diambil. Beberapa lensa telephoto ada yang sudah dibekali dengan fitur anti goyang. Namun kemampuan fitur tersebut antara satu dengan yang lainnya juga berbeda-beda. Untuk itu cek efektifitasnya terlebih dahulu saat membelinya.

  • Menyesuaikan ukuran dan beratnya dengan kebutuhan.

Umumnya, ukuran dan berat lensa tele lebih besar dibandingkan dengan lensa lain yang focal length-nya lebih kecil. Sehingga membutuhkan tas yang lebih besar saat dibawa kemana-mana. Namun ada juga lensa yang ringan dan berukuran kecil sehingga nyaman dibawa. Sebaiknya pilihlah lensa dengan ukuran dan berat yang sesuai dengan kebutuhan. untuk memotret objek yang dinamis seperti pertandingan olahraga, sebaiknya pilihlah lensa dengan berat sekitar 1 kg. Namun jika menggunakan tripod, lensa dengan berat yang lebih dari itu juga tidak masalah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *