Tips untuk Memotret Landscape Fotografi dengan Subjek Pemandangan Alam yang Indah

Fotografi saat ini banyak dijadikan hobi oleh banyak kalangan terutama kalangan menengah keatas. Menghasilkan foto yang indah dan berkualitas bukan hanya memerlukan sebuah kamera canggih yang memiliki harga mahal saja namun juga kerja keras, kreatifitas dan berbagai ilmu untuk dipraktekkan. Salah satu tehnik fotografi adalah mengambil gambar secara landscape dengan subjek paling banyak yaitu pemandangan alam. Pada landscape fotografi diperlukan tehnik yang lebih mahir dibandingkan memotret biasa atau subjek di perkotaan.

Bagi Anda yang ingin memulai untuk mengambil gambar landscape dengan subjek panorama alam, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan gambar dengan lebih tajam dan nyata

  • Lakukan survey sehari sebelum pemotretan di lokasi agar bisa menemukan angel dan waktu pemotretan yang tepat. Misalnya untuk waktu di pagi hari dan sore hari pasti memiliki pencahayaan yang berbeda dengan nuansa yang juga berbeda. Jika melakukan survey sehari sebelumnya maka Anda akan bisa menentukan waktu dan lokasi mana yang bisa menghasilkan foto terbaik untuk diabadikan.
  • Tentukan titik fokus.

Untuk pemotretan alam atau pemandangan, seringkali pemotret akan kebingungan menentukan titik fokus karena banyaknya keindahan yang disajikan Sang Pencipta. Namun hal tersebut jika tidak Anda putuskan akan mengurangi nilai hasil jepretan Anda. Anda bisa menentukan titik fokus antara daratan atau langit atau bahkan pohon ataukah awan. Jika ada makhluk hidup yang tak sengaja hinggap atau datang maka Anda juga bisa menentukan titik fokus hewan tersebut agar mendapatkan potret yang lebih nyata.

  • Berikan foreground.

Foreground merupakan rahasia landscape fotografi untuk memberikan kualitas foto yang lebih baik. Jangan lupa memberikan foreground di depan kamera untuk memotret fokus yang lebih jauh dibelakang. Dengan foreground yang tepat justru foto Anda akan terlihat lebih berdimensi dan lebih berskala untuk mendapatkan kualitas yang lebih bisa dibanggakan.

Baca Juga:5 Tips Foto Landscape

  • Manfaatkan gerakan alam.

Jika subjek Anda adalah pemandangan yang bergerak misalnya air terjun, hewan terbang atau sebagainya, bisa dimanfaatkan sebagai subjek yang menarik untuk dijadikan fotografi landscape. Dengan tehnik dan keahlian lebih, Anda bisa menghasilkan foto alam yang menakjubkan tanpa perlu menentukan subjek yang mengada-ada.

Tips di atas bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam tehnik landscape fotografiUntuk tehnik yang lebih mendalam dan detail, Anda bisa mempelajarinya melalui buku-buku atau literatur fotografi yang saat ini banyak didapatkan di pasaran. Selain belajar melalui buku atau literatur Anda juga bisa belajar secara otodidak melalui pengalaman diri sendiri atau orang lain. Banyak-banyak mengeksplor berbagai tempat untuk dijadikan subjek pemotretan agar Anda semakin kreatif untuk bisa menghasilkan foto unik namun berkualitas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *