Tips Tepat Memposisikan Kamera CCTV di Dalam Rumah

Tips Tepat Memposisikan Kamera CCTV di Dalam Rumah

Rumah merupakan tempat dimana Anda akan kembali dari beraktivitas dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Rumah yang nyaman dan aman merupakan satu kebutuhan mutlak untuk menghasilkan fisik dan mental yang sehat. Sebaliknya, jika kondisi di dalam rumah kurang aman dikarenakan terletak di lingkungan yang rawan atau memiliki banyak barang berharga, penghuni akan merasa was-was dan bisa saja tidak tenang berada di sana. Untuk menjaga keamanan secara modern, kini Anda bisa menggunakan bantuan kamera CCTV sebagai pengintai sekaligus perekam kejadian.

 Tips Tepat Memposisikan Kamera CCTV di Dalam Rumah

Kamera kecil yang diletakkan di tempat-tempat strategis ini akan membantu Anda atau petugas keamanan untuk mengetahui keadaan di sekeliling rumah. Dengan adanya kamera, Anda atau pengawas tak perlu berkeliling setiap saat untuk memastikan rumah dalam keadaan aman. Beberapa kamera yang tersinkronisasi dan memiliki output yang bisa dilihat secara real time akan menjadi perwakilan mata Anda dalam melihat kondisi sekitar rumah.

 

Untuk mendapatkan tampilan seluruh sudut rumah, Anda harus menempatkan cctv di tempat-tempat strategis sehingga bisa merekam berbagai sudut yang memiliki kemungkinan besar sebagai tempat keluar masuknya orang atau barang. Pintu merupakan sasaran utama sorotan kamera selain dari jendela, ruang tamu hingga ruang penyimpanan benda berharga. Agar kamera cctv Anda berfungsi secara maksimal, berikut ini adalah tips untuk memposisikan kamera Anda:

 

Ketahui jenis pergerakan kamera.

Banyak jenis kamera pengawas dari yang bisa bergerak 180 derajat ke atas dan bawah hingga ke kamera yang tidak bisa bergerak. Ada juga kamera yang terhubung ke remote atau pengontrol jarak jauh untuk bisa digerakkan sesuai dengan keinginan si pengawas. Anda harus mengetahui jenis kamera untuk bisa mengetahui letak mana yang paling sesuai untuk kamera tersebut. Kamera yang bisa bergerak biasanya lebih cocok diletakkan di sudut ruangan bagian atas, sedangkan untuk kamera tetap sebaiknya langsung dipasang menghadap pintu atau ruangan.

Baca Juga : Pemasangan Kamera CCTV di Rumah yang Langsung Terhubung dengan Ponsel Pintar Anda 

Ketahui kualitas gambar kamera.

Kualitas gambar yang bisa terekam juga mempengaruhi peletakan kamera. Semakin baik kualitas gambarnya, Anda bisa meletakkannya lebih jauh atau tinggi dari sudut pandang agar lebih aman. Namun jika kualitas gambar buruk, sebaiknya meletakkannya di posisi yang lebih dekat supaya gambar rekaman tetap jelas. 

Sulit dijangkau.

Sebaiknya meletakkan kamera di bagian yang sulit dijangkau sehingga tidak mudah dirusak oleh orang yang berniat jahat. Anda juga bisa meletakkannya di tempat tersembunyi namun tetap bisa merekam dengan jelas.

 

Beberapa tips untuk menentukan posisi kamera CCTV di atas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan gambar yang jelas dan akurat. Jangan lupa untuk mensetting penyimpanan gambar minimal selama satu minggu untuk bisa melakukan evaluasi. Semakin jelas kualitas gambar maka Anda akan mendapatkan pengawasan yang lebih baik dan barang bukti yang lebih jelas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *