Tips Perawatan Kamera Video Handycam Yang Benar

Kamera video atau handycam merupakan perangkat elektronik yang fungsinya untuk merekam peristiwa dalam bentuk gambar hidup. Seperti barang elektronik pada umumnya, handycam perlu perawatan. Berikut ini informasi berupa tips perawatan kamera video yang baik dan benar.

Membersihkan kamera merupakan hal wajib yang harus dilakukan, seperti: membersihkan lensa agar gambarnya berkualitas. Membersihkan bagian lensa harus dilakukan dengan hati-hati, karena lensa merupakan bagian yang paling sensitif. Gunakan pembersih khusus lensa. Lebih Jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Perawatan Baterai

Jangan meninggalkan baterai terpasang dalam camcorder jika tidak sedang digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dilakukan agar kondisi baterai tetap awet.

Tempat Penyimpanan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam hal perawatan kamera adalah tepat penyimpanan. Jangan menyimpan baterai di tempat yang lembab dan terkena matahari langsung. Tempat yang lembab mengundang datangnya jamur, sedangkan sinar matahari bisa menyebabkan perangkat hardware di dalam handycam cepat rusak.

Saat berpergian gunakan tas khusus kamera, karena dikhawatirkan jika disatukan dengan barang-barang lainnya tergores. Selain itu menggunakan tas kamera dapat mencegah kamera terkena benturan.

Perawatan Kaset Dari Camcorder

Jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama sebaiknya kaset dari camcorder dilepaskan. Kaset yang disimpan terlalu lama dan tidak digunkan bisa menyebabkan pita bagian kepalanya menempel.

Saat akan memasukkan kaset video kondisi perangkat harus benar-benar dingin. Kelembaban udara yang hangat dapat merusak kaset menempel pada bagian drum sehingga kaset rusak dan merusak video head.

Selain itu jangan meninggalkan kaset camcorder di dalam mobil atau tempat yang terkena panas. Jangan menaruh label pada kaset camcorder dimana label berlawanan dengan pembuka kaset. Hal ini bisa menyebabkan kaset menyangkut di dalam.

Baca Juga:Perawatan Kamera DSLR Yang Benar Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Hindari menggunakan kaset bekas, kecuali baru dipakai 1-2 kali dan simpan kaset di tempat yang jauh dari debu.

Peralatan Membersihkan Kamera

Alat untuk membersihkan kamera video tidak boleh sembarangan. Sebaiknya gunakan pembersih khusus untuk membersihkan bagian lensa dan camcorder. Gunakan kain yang halus, lembut dan tidak mengandung serat. Karena dikhawatirkan serat akan menempel di lensa.

Perlakuan Penggunaan Kamera Video

Hindari penggunaan fasilitas REW/FF pada kamera, jangan terlalu sering menggunakan fasilitas manual terutama pada waktu merekam di luar ruangan. Hindari air laut kamera air laut mengandung zat garam yang bisa menyebabkan bagian kamera yang terbuat dari besi terkena karat.

Selain itu hindari kapur barus karena dapat merusak bagian printed circuit board (PCB) yaitu tempat dimana chip elektronik kamera terpasang. Uap pada kapur barus bisa menyebabkan flek pada kamera.

Demikian informasi berupa tips perawatan kamera video atau handycam agar kamera tetap awet dan bertahan lama. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *