perawatan kamera

Tips Perawatan Kamera Sederhana, Dimulai Dari Penyimpanan yang Tepat!

Kamera bukanlah merupakan barang yang harganya bisa dibilang murah. Untuk kamera DSLR yang bagus dari merk-merk yang ternama misalnya, Anda bisa mengeluarkan dana hingga sampai Rp5 juta, dan itu belum termasuk dengan aksesorisnya seperti lensa dan juga tas serta tripod. Jika ditotal semuanya, maka memiliki perlengkapan fotografi akan memakan dana sampai berjuta-juta. Karena itulah, jaga kamera Anda dengan baik, dan ikuti tips perawatan kamera di bawah ini.

Pertama adalah persoalan dalam penyimpanan kamera. Anda tentunya tak akan membawa kamera Anda terus-terusan kemana-mana, kecuali memang itu pekerjaan Anda. Tapi Anda pun akan tetap memerlukan cara menyimpan yang baik, sehingga kamera tak menjadi jebol ketika Anda tinggal di dalam rumah. Banyak kamera yang ternyata lebih sering mengalami kerusakan lantaran cara menyimpan yang salah daripada karena jatuh atau digunakan secara tak tepat.

Karena itulah, untuk penyimpanan kamera DSLR terutama, ini yang harus Anda lakukan:

  1. Simpan di tempat khusus yang kering

Simpan kamera di tempat yang kelembabannya rendah, atau menggunakan dry cabinet yang memang khusus dirancang untuk peralatan elektronik sehingga tetap kering.

Baca Juga : Harga kamera digital satu jutaan yang bagus dan awet

  1. Menggunakan silica gel

Meletakkan kamera dan lensa Anda di kotak yang kedap udara dan meletakkan beberapa bungkus silica gel di dalamnya juga bisa menjadi solusi sederhana yang efektif.

  1. Melepas baterai serta lensa

Saat kamera sudah selesai digunakan dan saatnya disimpan, lepaskan kamera dan lensa dari DSLR agar arus listrik terputus sepenuhnya, dan menghindarkan kerusakan pada komponen elektrik di dalamnya.

  1. Tutup lensa

Saat sudah tak dipakai, tutup lensa menggunakan lens cap. Ini juga harus dilakukan tak hanya saat kamera disimpan saja.

  1. Pakai tas khusus saat bepergian

Kalau Anda membawa kamera saat pergi keluar rumah, bawa tas khusus untuk menyimpannya sehingga kamera terlindung dari debu, pasir, dan partikel kecil-kecil lainnya.

Menyimpan kamera di tempat yang tepat adalah tips perawatan kamera pertama yang harus Anda lakukan. Percuma saja melakukan pembersihan dan perawatan super teliti kalau Anda tak menyimpan kamera dengan benar, karena tak lama kemudian kamera akan kotor lagi dan rusak karena penyimpanan yang salah. Menyimpan kamera di tempat kering, sejuk, dan terhindar dari suhu ekstrim adalah hal wajib.

Setelah masalah penyimpanan kamera selesai, ini langkah perawatan berikutnya yang bisa Anda lakukan:

  1. Pasang screen protector dan filter UV untuk LCD kamera dan juga lensanya, sehingga tak terjadi goresan, dan kualitas gambar bisa ditingkatkan.
  2. Sehabis menggunakan kamera, bersihkan bodi dan lensanya sebelum disimpan dengan cleaning kit yang disediakan. Alternatifnya, pakailah cairan pembersih dan lap microfiber.
  3. Jauhkan kamera dan lensa dari air ataupun kelembaban tinggi agar kamera tak berjamur.
  4. Selalu matikan kamera sebelum dihubungkan ke komputer atau laptop karena perbedaan pada arus listrik.
  5. Bersihkan sensor pada kamera dengan Clean Image Sensor agar gambar tetap jernih.
  6. Perhatikan bahwa baterai kamera lithium-ion hanya memiliki 500 kali siklus untuk recharge. Lebih dari itu, saatnya mengganti baterai.
  7. Pakai strap kamera ketika Anda membawanya keluar rumah, agar menghindari kamera jatuh tak sengaja.

Itulah beberapa tips perawatan kamera yang harus dan wajib untuk Anda ikuti. Kebersihan kamera adalah hal yang harus Anda lakukan dengan rutin, ditambah dengan penyimpanan yang tepat. Kombinasi dari keduanya, ditambah dengan penggunaan kamera yang tepat dan kebiasaan mematikan serta memperlakukan komponennya dengan tepat akan membuat kamera bertahan sampai bertahun-tahun.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *