Tips Penting untuk Meningkatkan Skill Fotografi Bagi Pemula

Tips Penting untuk Meningkatkan Skill Fotografi Bagi Pemula

Dunia Fotografi itu lebih dari sekedar cara menekan tombol shutter tetapi merupakan seni yang memerlukan kemampuan dan keterampilan.  Para pemula pastilah menginginkan skill fotografi layaknya profesional. Namun, ternyata masih banyak proses yang harus dilewati dan hal-hal yang patut dipelajari untuk sampai pada titik tersebut. Karenanya, berikut disajikan tips-tips guna meningkatkan potensi fotografi Anda.

Tips Penting untuk Meningkatkan Skill Fotografi Bagi Pemula

Pilih Peralatan yang Sesuai Bukan yang Mahal

Seringkali para fotografer pemula membeli kamera yang mahal karena mengharapkan hasil yang bagus. Padahal, peralatan yang mahal belum tentu menghasilkan gambar yang lebih baik jika penggunanya masih amatir atau belum begitu menguasai alat yang dibeli. Daripada seperti itu, lebih baik tingkatkan kemampuan Anda secara bertahap, dimulai dari alat sederhana. Setelah benar-benar menguasai teknik penggunaan dan memotret dengan kamera sederhana, barulah beranikan diri untuk membeli alat yang lebih mahal dengan spesifikasi yang lebih tinggi di atasnya.

Berpartisipasi Dalam Forum Fotografi

Saat ini sudah banyak forum fotografi yang bisa Anda ikuti. Berpartisipasi dalam forum fotografi sangat perlu dalam proses memupuk skill fotografi karena di dalamnya Anda bisa sharing dengan orang-orang yang mempunyai kegemaran yang sama. Anda juga bisa meminta kritik dan saran mengenai potret yang telah dihasilkan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan solusi dari kasus-kasus yang dibahas dalam forum guna mengantisipasi jika suatu saat hal tersebut terjadi pada Anda.

Selalu Siap Sedia Kamera

Terkadang banyak objek menarik yang sayang dilewatkan saat Anda tidak membawa Kamera. Untuk menghindari penyesalan karena alasan tersebut, Anda harus selalu siap sedia kamera, entah kamera DSLR maupun kamera handphone.

Telaten Mencari Ide Dan Referensi

Saat ini, untuk mencari ide fotografi tidak harus datang ke tempat yang mempunyai objek menarik. Anda cukup membuka internet dan berselancar dalam situs-situs foto stream seperti flickr. Dengan begitu, Anda dapat mengumpulkan beberapa referensi dan mulai mempelajari bagaimana cara menghasilkan gambar yang diinginkan.

Jangan Ragu Bereksperimen dengan Kamera

Pastikan Anda membaca guide mode (jika ada)pada Kamera yang dimiliki dan pahami simbol-simbol yang ada pada petunjuk manualnya. Jika perlu, praktikkan satu persatu petunjuk tersebut untuk mengetahui secara langsung kegunaannya. Selain itu, Jangan ragu untuk memotret objek yang sama dengan settingan berbeda. Bisa jadi dengan begitu Anda menemukan posisi dan settingan favorit pada Kamera.

Rutin Praktik Memotret

Jangan pernah merasa puas dengan hasil bagus yang pernah dihasilkan. Selalu asah skill fotografi Anda agar tidak lupa dan selalu tambah ilmu mengenai fotografi agar kemampuan Anda meningkat. Buatlah jadwal khusus untuk memotret. Misalnya setiap hari paling tidak menghasilkan satu gambar atau jika tidak memungkinkan bisa satu minggu tiga kali dan sebagainya, yang penting jarak antar praktiknya tidak terlalu jauh agar teknik yang telah dikuasai tetap diingat.

Bulatkan tekat untuk bersedia mengamalkan tips diatas sehingga Anda segera berada satu tingkat lebih tinggi diatas pemula.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *