penggunaan dslr

Tips Penggunaan DSLR yang Tepat dan Hasil yang Bagus

Ingin memiliki dan menggunakan DSLR? Untuk mendapatkan hasil foto yang memiliki nilai seni dan juga hasil yang bagus maksimal. Tentunya fotografer harus mengetahui mengenai teknik dasar yang harus dilakukan. Beberapa teknik yang harus dikuasai antara lain pencahayaan yang tepat, fokus dan ketajaman gambar. Anda juga harus memperhatikan saat mengambil gambar tersebut. Usahakan untuk mencari saat yang tepat dalam pengambilan gambar. Berikut ini ada beberapa tips penggunaan DSLR yang tepat dan memaksimalkan gambar yang bagus. Hal ini dilakukan karena pemakaiannya dengan tepat dan sesuai.

Tips penggunaan kamera DSLR yang tepat dan hasil yang bagus yaitu:

  • White Balance

Dalam menggunakan kamera DSLR tentu saja Anda bisa ibaratkan menggunakan kertas putih untuk menggambar. Tentu saja Anda membutuhkan pencahayaan yang tepat untuk tidak terlalu gelap atau pun terang. Dengan demikian hasil gambar akan menjadi lebih jernih dan terang. Anda juga harus memperhatikan mengenai adanya gradasi warna atau efek cahaya yang digunakan. Hal ini bisa didapatkan dengan banyaknya pengalaman yang didapatkan. Sehingga Anda akan menjadi berpengalaman mengenai masalah fotografi yang bernilai tinggi.

  • Fokus

Pengaturan fokus juga harus tepat karena akan mengetahui mengenai kualitas yang dimiliki. Tentu saja apabila ingin mengambil gambar dengan cara manual atau otomatis. Selain itu pengambilan gambar yang dilakukan secara dekat atau jauh juga akan sangat berpengaruh. Dengan demikian ada baiknya mengetahui penggunaan kamera dengan tips penggunaan DSLR yang tepat salah satu faktor terpentingnya adalah mengenai masalah fokus.

  • Diafragma

Apabila didalam fotografi diafragma memang sangat penting dimiliki. Dengan adanya diafragma maka akan mengatur dan mengetahui mengenai penggunaan lensa yang tepat. Perlu Anda ketahui apabila menggunakan lensa yang tepat tentu saja akan memberikan hasil yang maksimal atas setiap gambar yang dihasilkan. Hal ini karena berkaitan dengan penggunaan ketajaman gambar yang ada.

Baca Juga : Tips mengedit foto agar hasilnya memuaskan

  • Shutter speed

Shutter speed akan mengatur kecepatan dalam membuka dan menutup kamera yang dimiliki. Sehingga akan mengetahui mengenai kapan cahaya tersebut masuk ke dalam gambar yang di foto. Dengan demikian akan memberikan kemudahan untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Anda tentu saja tahu bahwa pencahayaan yang bagus akan memberikan hasil foto yang memiliki cerita tersendiri.

  • ISO

Jenis sensitifitas kamera ini bergantung dengan adanya ISO . Dengan adanya ISO maka akan menentukan mengenai sensitifitas terhadap cahaya yang ada. Sehingga pengaturan gambar akan diketahui apakah lebih gelap atau terang. Cara ini akan memaksimalkan adanya banyak sekali kemungkinan membuat gambar menjadi lebih jelas. Meskipun dalam kondisi sedang minim cahaya yang ada. Hal ini tentu saja merupakan perhatian penting untuk pengguna kamera tersebut. Salah satu hal yang merupakan tips penggunaan DSLR dengan maksimal.

Be Sociable, Share!

One thought on “Tips Penggunaan DSLR yang Tepat dan Hasil yang Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *