Tips Pemasangan Kamera CCTV di dalam Rumah yang Perlu Diperhatikan

Maraknya kejahatan yang selama ini terjadi, mengharuskan para pemilik rumah untuk selalu waspada dan memberikan sistem keamanan yang lebih pada rumah mereka. Untuk memberikan sistem keamanan yang lebih dalam sebuah rumah, tentunya kita tidak bisa secara penuh mengandalkan tenaga keamanan lingkungan, yang memiliki tugas untuk mengawasi tidak hanya satu rumah saja. Oleh karena itu cara lain yang lebih efektif untuk agar sebuah rumah dapat memiliki sistem keamanan yang lebih adalah dengan memasang kamera CCTV yang mampu memberikan pengawasan terhadap keadaan disekitar lingkungan rumah tinggal. Kamera yang biasa disebut dengan kamera pengintai ini dapat membantu Anda untuk mengawasi segala pergerakan yang terjadi disekitar lingkungan tempat tinggal Anda.

Agar kamera pengintai yang Anda pasang dalam rumah Anda nantinya dapat bekerja dengan optimal, tentunya Anda harus meletakkan kamera tersebut pada titik-titik strategis tertentu, sehingga kamera pengintai tersebut dapat berfungsi secara optimal. Dalam pemasangan kamera ini, selain titik-titik penempatan yang sesuai, beberapa hal lain terkait dengan situasi rumah pun, harus Anda perhatikan agar nantinya kamera dapat melakukan perekaman berbagai hal yang mungkin terjadi secara lebih optimal.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan, ketika melakukan pemasangan kamera CCTV pada rumah Anda, yang antara lain adalah:

  • Pilihlah tempat atau sudut didalam rumah, dengan tingkat pencahayaan yang sedang, kamera pengintai yang ditempatkan persis bersebelahan ataupun terlalu dekat dengan lampu, akan dapat mempengaruhi hasil rekaman gambar, karena pencahayaan yang berlebihan.
  • Tempatkan kamera pengintai pada tempat yang memiliki jarak jauh dan tinggi dari lantai ataupun tanah, agar kamera tersebut, tidak mudah dijangkau dan dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan memiliki niat untuk melakukan kejahatan didalam rumah.
  • Tempatkan kamera pengintai pada permukaan yang datar dan tidak ada penghalang, agar nantinya kamera dapat bekerja dan mengintai semua aktivitas yang terjadi, tanpa danya suatu benda yang menghalangi, gerak dan perputaran kamera tersebut.

Untuk pemasangan kamera pengintai yang akan Anda gunakan didalam rumah, sebaiknya Anda meminta saran ataupun bantuan tenaga ahli yang memang telah memiliki pengalaman dalam melakukan pemasangan kamera tersebut. Mintalah tenaga ahli tersebut untuk menempatkan kamera pada sudut-sudut rumah, yang memang perlu untuk mendapatkan pengawasan yang lebih dan merupakan sudut yang rawan untuk dimasuki oleh orang yang tidak dikenal.

Gunakan monitor ataupun layar yang dapat menampilkan rekaman kamera CCTV secara jelas, sehingga nantinya Anda ataupun anggota keluarga lainnya dapat mengawasi berbagai pergerakan yang terjadi didalam semua sudut rumah dengan lebih jelas. Untuk penempatan monitor pengawas sendiri, Anda dapat menempatkannya diruang-ruang tertentu didalam rumah Anda, sesuai dengan kenyamanan dan keamanan Anda dalam melakukan pengawasan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *