Tips Mudah Merawat Lensa Kamera Agar Terhindar dari Jamur

Tips Mudah Merawat Lensa Kamera Agar Terhindar dari Jamur

Untuk sebuah kamera, lensa merupakan salah satu bagian penting yang harus dilindungi. Untuk itu perawatan yang tepat harus dilakukan agar lensa kamera terhindar dari terkena jamur. Lensa yang berjamur tentu saja akan mengganggu kinerjanya disamping juga menjadi tidak awet. Lensa yang berjamur bisa terlihat dari lensa yang memiliki noda berupa bercak atau kotoran menyerupai jamur. Noda atau bercak ini jika dibiarkan berlama-lama akan menyebabkan noda jamur semakin membesar dan mengurangi kinerja lensa.

Tips Mudah Merawat Lensa Kamera Agar Terhindar dari Jamur 

Lensa yang berjamur memang tidak akan terlihat mengganggu kinerja kamera jika hanya digunakan untuk mengambil gambar yang banyak objek atau dengan bukaan diafragma besar/1,8. Namun jika Anda mencoba menggunakan kamera untuk membidik gambar pemandangan atau langit sore, maka akan terlihat noda hitam pada hasil tangkapan kamera. Jika digunakan untuk Anda yang menekuni wedding photography, maka saat memotret pengantin yang mengenakan gaun putih akan terlihat semacam flare atau cahaya yang memantul dari gaun yang dikenakan. Melihat efek buruk jamur pada lensa akan sangat mempengaruhi hasil bidikan kamera, maka Anda harus pandai-pandai dalam merawat bagian kamera yang satu ini. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk perawatannya:

  • Hindari kontak langsung.

Perawatan pertama pada lensa kamera yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari kontak langsung atau menyentuh bagian optik lensa dengan jari. Bagian tubuh yang cenderung basah atau lembab, seperti tangan jika menyentuh bagian optik akan meninggalkan noda. Noda ini jika dibiarkan tanpa dibersihkan dari lensa akan menjadi pemicu tumbuhnya jamur. Untuk menghindarinya, usahakan lens hood selalu terpasang. Lens hood ini nantinya juga akan sangat berguna untuk melindungi bagian depan lensa dari benturan sekaligus mencegah dari munculnya flare pada cahaya frontal menuju lensa.

  • Menggunakan penutup lensa.

Ketika lensa sedang tidak dipergunakan, sebaiknya pasang lens cap untuk perlindungan. Lens cap akan mengurangi kemungkinan lensa terpapar maupun terkena debu.

  • Menghindari pergantian suhu yang ekstrem.

Perpindahan tempat dengan suhu yang ekstrem akan rentan menimbulkan jamur pada lensa. Misalnya saat lensa dibawa dari tempat yang bersuhu panas ke daerah yang bersuhu dingin atau lembab. untuk mengantisipasinya pergunakan tas khusus dan sarung tas anti hujan (cover bag) untuk menjaga lensa pada kamera.

  • Membersihkan dengan alat yang baik.

Jika Anda perlu membersihkan lensa, maka pergunakan peralatan pembersih yang baik, seperti lens brush, lens blower, lens paper, dan lens cloth yang baik.

  • Mematikan tombol Af.

Jika tidak sedang digunakan, sebaiknya ubah pengaturan lensa dari autofocus (Af) ke mode manual (M) termasuk mode VR (Vibration Reduction).

  • Menyimpan di dalam dry box.

Pergunakan dry box untuk menyimpan lensa kamera dan perangkat kamera lainnya untuk menjaga suhu tidak lembab.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *