Tips Merawat Lensa Kamera

Tips Merawat Lensa Kamera

Tak dapat dipungkiri bahwa Lensa Kamera menjadi barang penting bagi fotografer profesional. Tak hanya karena mahal harganya, tiap lensa memiliki kemampuan spesifik untuk kebutuhan pemotretan tertentu. Karena komponen ini sangat rentan oleh bermacam ancaman seperti debu, jamur, debu, tergores atau terkena benturan, tak heran jika banyak orang memberikan perhatian khusus terhadap alat ini. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam merawat lensa agar tetap menghasilkan kemampuan optimal kapanpun Anda membutuhkannya;

Tips Merawat Lensa Kamera

Bersihkan lensa dengan hanya menggunakan tisu dan kain khusus

Produk tisu maupun kain pembersih Lensa Kamera sangat mudah didapatkan. Tisu sekali pakai lebih dianjurkan guna membersihkan lensa dari debu sebab dapat mencegah perpindahan debu maupun partikel lain ke lensa lain. Cara untuk membersihkannya pun tidak boleh asal, usap lensa secara melingkar dari tengah ke arah luar. Hindari mengelap lensa dengan menggunakan kain lap kaca mata sebab kain jenis ini pada umumnya memiliki kandungan bahan kimia khusus.

Hindari perubahan suhu udara

Embun juga menjadi masalah utama pada lensa. Hal ini disebabkan oleh adanya perpindahan tempat dari lingkungan dingin ke hangat/panas secara cepat. Udara hangat memiliki kandungan air lebih tinggi ketimbang  udara dingin. Sehingga saat terjadi kontak udara hangat terhadap permukaan lensa yang dingin menyebabkan pengembunan. Anda bisa saja mengusap lensa dengan kain lembut, namun sebaiknya biarkan embun menguap alami.

Hindari kontak langsung dengan permukaan kulit

Selalu usahakan agar permukaan lensa selalu terhindar dari kulit jari maupun bagian tubuh lain. Hal ini karena keringat yang memiliki kandungan minyak serta asam yang akan tertinggal ke lensa. Dalam kasusu yang parah, kadang kontak tersebut dapat meninggalkan bekas yang sangat sulit untuk dibersihkan sehingga mengurangi performa Lensa Kamera Anda.

Baca Juga : PERHATIKAN 4 KIAT INI UNTUK MEMILIH LENSA CAMERA DENGAN TEPAT

Pakailah aksesori lensa

Aksesori lensa antara lain filter, seperti UV, Polarized/CPL, ND dan lain sebagainya yang memiliki fitur tertentu. Aksesori ini juga lebih melindungi lensa dari kemungkinan goresan atau benturan. Ada pula lens hood yang berfungsi mengurangi lens flare/kilauan sekaligus dapat melindungi permukaan lensa sebab memiliki bentuk menyerupai tempurung.

Gunakan lens pen

Membersihkan debu hingga partikel kecil, Anda bisa juga memakai Lens pen sebab Anda tidak boleh menyentuh permukaan lensa. Namun sebelum mengaplikasikan alat ini, debu maupun partikel yang lebih kasar sebaiknya disingkirkan terlebih dahulu menggunakan blower supaya lensa tidak tergores.

Selalu kenakan penutup (lens cap)

Secara bawaan, tiap lensa yang Anda beli memiliki 2 keping lens cap. Lens cap depan akan selalu terpasang di lensa dan hanya dilepas saat akan dipakai. Sementara lens cap belakang hanya dibawa jika ada kemungkinan akan berganti lensa. Jaga elemen belakang (warna keemasan) agar senantiasa bersih sebab bagian ini mengalami kontak langsung ke dalaman kamera.

Gunakan tas kamera

Tas kamera memiliki desain khusus untuk menjaga lensa beserta kamera tetap aman selama perjalanan. Jika Anda berencana meletakkan kamera dalam tas dalam angka waktu yang cukup lama, maka letakkan silica gel untuk menyerap kelembaban.

Selain itu selalu jauhkan lensa dari paparan sinar matahari langsung, gunakan pula dry box, dan selalu mematikan kamera sebelum berganti lensa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *