Tips Menjadi Fotografer Tanpa Kursus untuk Para Pemula

Tips Menjadi Fotografer Tanpa Kursus untuk Para Pemula

Hobi fotografi saat ini sudah menjamur di berbagai kalangan terutama anak muda dan dewasa. Banyaknya wadah yang bisa dimanfaatkan seseorang untuk memamerkan hasil jepretan kamera mereka menjadi salah satu faktor penyebab semakin disukainya kegiatan hunting foto tersebut. Dari mulai para pelajar dengan berbekal kamera smartphone hingga para profesional dengan kamera mahal berlomba untuk menjadi fotografer handal. Apakah Anda juga demikian? Jika iya, tak ada salahnya untuk mempraktekkan tips menjadi fotografer berikut ini untuk menjadi bisa menghasilkan foto yang baik mesti tak melalui tahapan pendidikan khusus.

 Tips Menjadi Fotografer Tanpa Kursus untuk Para Pemula

Menghasilkan sebuah foto yang baik bisa jadi masalah selera penilaiannya, tehnik dan kecanggihan kamera yang digunakan, pintarnya fotografer mengangkat subjek tertentu hingga keunikan setting lokasi sehingga bisa menarik cerita tersendiri. Semua itu bisa dipelajari dan didapatkan di luar kursus yang umumnya membuat Anda harus membayar biaya keikutsertaan. Tak sedikit para fotografer profesional yang bisa menghasilkan karya indahnya tanpa berasal dari sekolah fotografi tertentu. Jika mereka saja bisa, Anda juga bisa melakukannya. Berikut ini adalah beberapa tips menjadi fotografer amatir yang bisa mulai Anda lakukan:

  • Memilih objek.

Menggunakan kamera smartphone ataupun kamera mahal, jika Anda bisa memilih objek yang unik dan memiliki cerita tersendiri, maka foto yang dihasilkan akan lebih mengena. Karenanya, memilih objek yang akan dijadikan gambar sangatlah penting yang bisa Anda lakukan dengan cara melakukan pengamatan ke lingkungan sekitar hingga hunting lokasi foto di tempat lain. Objek yang menarik tak selalu hanya yang indah-indah saja namun juga bisa dari objek biasa yang Anda temukan angle tertentu sehingga lebih indah.

  •  Eksperimen kamera.

Apapun jenis kamera yang Anda gunakan, lakukan eksperimen dengan kamera Anda. Kenali apa saja fitur yang ada dalam kamera dan utak-atik pengaturannya sehingga Anda bisa mengetahui manfaat dan perbedaan format fitur yang dimiliki. Jika ada beberapa fitur yang tak Anda pahami, cari tahu di buku fotografi ataupun melalui searching internet sehingga bisa Anda pahami manfaatnya. Jangan takut untuk mengambil foto dengan berbagai fitur dan settingan yang ada untuk tambahan wawasan Anda.

  • Pelajari angle dan teknis cahaya.

Angle tertentu akan memberikan hasil foto yang berbeda dengan angle lainnya. Pelajari mengenai angle terutama yang bersinggungan dengan cahaya untuk tehnik penting seorang fotografer dari berbagai sumber.

Dengan mempraktekkan tips menjadi fotografer di atas, Anda bisa menjadi seorang fotografer dengan hasil gambar yang memiliki nilai seni dan indah tanpa harus mengikuti kursus atau pendidikan. Pengalaman yang dimiliki orang lain juga bisa Anda jadikan guru dengan cara ikut belajar bersama dengan seorang fotografer profesional sebagai asisten atau hanya sekedar membantu untuk mencari ilmu saja.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *