Tips Menghasilkan Foto Berkualitas dengan Kamera Digital Saku

Banyak orang yang berfikir bahwa untuk menghasilkan foto yang berkualitas harus menggunakan kamera DSLR. Namun, jika hanya memiliki kamera digital saku atau kamera pocket bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto berkualitas. Akan tetapi hal ini juga membutuhkan trik serta tips ketika memotret objek dengan kamera saku ini.

Memahami Fitur Kamera

Apabila menggunakan kamera saku untuk memotret, maka pengguna harus memahami dulu fitur-fitur yang ada dalam kamera tersebut, seperti berapa resolusi kameranya, digital zoom pada kamera, macro mode, shutter speed, serta shooting mode.

Perhatikan Cahaya

Ketika memotret dengan kamera saku, jangan lupa untuk memperhatikan arah datangnya cahaya, karena dibandingkan dengan kamera DSLR, kamera saku memang mempunyai keterbatasan dalam hal pengaturan kontras tinggi misalnya saat pancaran cahaya di siang hari. Oleh karena itu, perhatikan waktu ketika melakukan pemotretan. Waktu yang tepat untuk melakukan pemotretan adalah saat pagi dan sore hari. Jangan lupa atur komposisi cahaya ketika memotret agar cahaya di tiap bagiannya berimbang.

Memotret Foto Lebih Banyak

Memotret dengan kamera digital saku tentunya berbeda dengan memotret menggunakan kamera DSLR. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kesalahan, ambil foto sebanyak mungkin dari berbagai sudut, komposisi, serta setting. Setiap foto yang diambil tentunya menampilkan gambar yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu ketika sudah mengambil banyak gambar, tinggal kemudian disortir gambar-gambar yang kurang baik dan pilih gambar yang paling baik.

Digital Zoom.

Menggunakan digital zoom memang membuat pengguna bisa melihat objek lebih dekat, akan tetapi apabila memungkinkan, akan lebih baik jika mendekati objek agar mendapatkan  kualitas gambar lebih baik.

Antisipasi Shutter Lag

Memotret menggunakan kamera saku kerap kali tidak real time karena adanya jeda antara waktu ketika memotret dan waktu ketika gambar terekam, hal ini disebut dengan shutter lag. Untuk mengatasi hal ini, tekan tombol shutter satu atau dua detik agar gambar yang terambil dapat sesuai dengan yang diinginkan.

Macro Mode

Fitur macro mode berfungsi untuk memotret objek yang kecil sehingga menghasilkan foto yang lebih detil. Cara mengaktifkan fitur ini pun sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol bunga pada kamera saku.

Aplikasi Edit Foto

Ingin menghasilkan foto yang lebih baik? Tak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi edit foto seperti photoshop. Foto yang terlalu gelap pencahayaannya bisa diperbaiki menjadi lebih terang, atau jika ingin memotong gambar atau sudut yang mengganggu pun bisa dicroping. Selain itu, foto juga bisa diedit dengan beragam efek seperti vintage, black and white, atau sephia agar lebih menarik.

Itulah beberapa tips untuk menghasilkan foto berkualitas dengan menggunakan kamera digital saku atau kamera saku. Kini dengan kamera saku pun dapat menghasilkan foto berkualitas layaknya kamera DSLR.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *