Tips Mencari Aplikasi Edit Foto yang Terbaik untuk Smartphone Anda


Memiliki smartphone canggih belum menjadi sebuah kesempurnaan tanpa bantuan dari aplikasi-aplikasi keren yang diinstalkan di dalamnya. Banyak jenis aplikasi untuk smartphone yang bisa didownload dengan cara berbayar maupun secara gratis untuk memaksimalkan penggunaan smartphone. Salah satunya adalah aplikasi edit foto yang pastinya dibutuhkan sebagai aplikasi wajib. Dengan aplikasi ini, foto yang awalnya biasa bisa menjadi unik, artistik dan tentu saja lebih sesuai dengan keinginan Anda. Namun Anda juga harus jeli dalam memilih aplikasi yang akan didownload agar bisa mendapatkan aplikasi serbaguna untuk editing foto serta tidak terlalu membebani smartphone. Berikut ini adalah beberapa point yang harus Anda perhatikan dalam pemilihannya.

 Kegunaan aplikasi.

Ada banyak aplikasi editing foto yang mengkhususkan untuk melakukan edit dalam bidang tertentu misalnya menjadikan foto tersebut menjadi lukisan ala kartun, mengatur kecerahan cahaya serta efek foto, mengedit gambar dengan menambahkan stiker dan juga mengubah size foto. Anda bisa memilih mana tujuan yang Anda harapkan sehingga bisa digunakan secara maksimal.

 Size aplikasi.

Sebisa mungkin pilih ukuran aplikasi yang cukup kecil namun sesuai dengan tujuan Anda menginstalnya. Size aplikasi yang terlalu besar akan membuat kapasitas memori Anda berkurang dengan drastis. Selain itu biasanya aplikasi yang besar akan membuat smartphone bekerja lebih lama untuk membukanya.

 Ada atau tidaknya iklan.

Yang paling membuat aplikasi edit foto tidak nyaman adalah adanya iklan ketika sedang asyik mengedit foto. Iklan memang tak terlalu lama namun akan mengganggu mood yang sedang didapat. Pilihlah aplikasi yang bebas iklan namun memiliki fungsi yang Anda inginkan.

 Gratis atau berbayar.

Anda bisa memilih jenis aplikasi secara gratis atau memilih yang berbayar. Biaya untuk mendownload aplikasi satu dengan yang lain tidaklah sama dimulai dari Rp. 12 ribuan. Namun aplikasi gratis juga tidak kalah bagus dari jenis aplikasi berbayar sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin menggunakan aplikasi gratis.

 Ada atau tidaknya watermark.

Watermark merupakan tanda yang digunakan untuk menandai hasil editan foto menggunakan aplikasi gratis. Tanda tersebut menjadi promosi sebagai ganti biaya Anda mengunduh aplikasi. Jika watermark dirasa akan mengganggu hasil editan foto, sebaiknya menggunakan aplikasi berbayar yang tidak memberikan tanda atau watermark pada hasil editannya.

 

Gunakan tips mencari aplikasi edit foto di atas agar Anda mendapatkan satu aplikasi yang paling sesuai dengan tujuan dan juga tidak menambah beban smartphone dalam bekerja. Dalam satu smartphone bisa saja memiliki lebih dari satu aplikasi foto jika memang diperlukan. Namun sebaiknya tidak menginstal terlalu banyak aplikasi karena bisa membebani RAM serta memory internal yang membuat smartphone Anda lebih lambat dari yang seharusnya.

Be Sociable, Share!

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *