Tips Memilih Tas Kamera DSLR Sesuai Kebutuhan

Salah satu aksesoris kamera yang penting dan wajib adalah tas kamera. Sama seperti fungsi tas pada umumnya yaitu untuk membawa barang, pada tas kamera barang yan dibawa adalah kamera beserta akseoris pendukung kegiatan fotografi.

Sekarang sudah banyak pilihan model tas yang bisa Anda dapatkan di toko-toko elektronik maupun di toko online. Model tas yang digunakan sebaiknya sesuai dengan aktivitas fotografi yang akan dilakukan. Berikut ini beberapa poin yang bisa dijadikan bahan pertimbangan saat memilih tas untuk kamera DSLR.

Pilih Tas Yang Memiliki Bahan Berkualitas Dan Busa Tebal

Pilih tas yang menggunakan bahan berkualitas, biasanya bahan yang bagus adalah yang agak tebal namun lembut dan tahan air. Pastikan bagian seleting tas bisa dipakai dan mampu menahan beban.

Sedangkan bagian busa merupakan sekat kompartemen. Fungsinya adalah untuk melindungi kamera dari benturan. Jadi sebelum Anda memutuskan membeli tas, periksa bagian pembatasnya apakah cukup tebal untuk melindungi body kamera, lensa dan perlengkapan lainnya yang akan disimpan di dalam tas.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Menyesuaikan dengan kebutuhan disini maksudnya adalah menyesuaikan model dan kapasitas tas sesuai dengan perlengkapan yang akan dibawa. Karena setiap kebutuhan orang berbeda-beda otomatis perlengkapan yang dibawanya bisa berbeda pula. Jadi sebelum membeli tas pastikan dulu apa saja perlengkapan yang biasanya Anda bawa saat hunting. Misalnya jika peralatan yang dibawa standar bisa gunakan tas yang ukurannya tidak terlalu besar.

Sedangkan jika tas digunakan untuk kegiatan traveling sebaiknya pilih tas yang ukurannya besar yang bisa menyimpan perlengkapan lainnya, seperti: laptop, lampu flas, lensa dan acessoris penting lainnya.

Anda bisa memilih tas kamera yang sudah disediakan kompartemen khusus untuk menyimpan aksesoris yang ukurannya kecil, seperti: kartu memori, card reader, baterai kamera cadangan dll. Dengan fasilitas tambahan kantong tersebut memudahkan Anda menyimpan dan mengorganisir aksesoris sesuai dengan fungsinya.

Usahakan Sudah Dilengkapi Rain Covernya

Rain cover adalah pelindung hujan dan menjadi salah satu perlengkapan tas yang penting. Karena dengan rain cover dapat melindungi tas dari air dan hujan. Apalagi jika sedang hunting di alam terbuka. Walaupu tas untuk kamera biasanya sudah tahan air, namun alangkah baiknya jika hujan melapisi tas dengan rain cover. Tidak semua tas untuk kamera sudah dilengapi rain cover. Apabila sudah terlanjur membeli tas yang tidak dilengkapi rain cover, Anda bisa beli terpisah di toko perlengkapan kamera offline atau di situs jual beli bukalapak.com. Disini Anda bisa sekaligus melihat perlengkapan untuk kamera lainnya.

Dengan adanya pembahasan tips memilih tas kamera yang tepat diharapkan membantu Anda mendapatkan gambaran tas yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pastikan pilih tas yang sesuai budget.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *