lensa kamera

Tips Memilih Lensa Kamera Terbaik yang Fungsional

Memiliki kamera dengan kualitas bagus sesuai spesifikasi yang tertanam di dalamnya akan lebih maksimal. Ketika Kita mau menambahkan lensa kamera untuk memaksimalkan hasil jepretan menjadi lebih nyata. Lensa pada sebuah kamera ibarat mata pada tubuh manusia, semakin bagus kondisi lensa maka foto yang dihasilkan semakin memukau. Sayangnya belum semua orang paham betul bagaimana memilih lensa yang sesuai dengan kamera kesayangan agar lebih maksimal. Terutama bagi pemula, maka perlu mengetahui tips berikut:

  1. Memilih diameter yang sesuai kebutuhan,

Setiap kamera DSLR dibuat dengan ukuran lensa yang berbeda-beda, secara umum terbagi menjadi dua jenis. Yakni lensa Full Frame yang memiliki diameter sekitar 35 mm dan dikhususkan untuk kamera yang memiliki lensa beroptik besar. Sementara jenis satunya adalah lensa crop sensor, jenis lensa ini ditujukan untuk kamera dengan optik lebih kecil. Menyesuaikan ukuran lensa dengan bentuk dan ukuran dasar optik menjadi penting agar memaksimalkan lensa dalam kamera tersebut.

  1. Focal lensa yang juga menyesuaikan kebutuhan,

Sama halnya dengan ukuran, untuk kebutuhan lensa yang tepat perlu memperhatikan focal lensa tersebut yang juga ada dua macam. Pertama adalah fix lensa yang memiliki ukuran lebih kecil dan biasanya bisa didapatkan dengan harga yang miring. Jenis kedua ialah lensa zoom yang memiliki ukuran lebih besar bahkan bisa sangat besar untuk spesifikasi tertentu. Pemakaian lensa kamera zoom sering dipakai oleh kalangan profesional untuk menghasilkan foto yang dramatis. Lensa yang fokusnya tepat akan memberikan kesan luas atau menyempit sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Tips Memilih Aksesoris Kamera

  1. Harga yang mudah dijangkau,

Harga lensa untuk mempertajam kualitas bidikan kamera biasanya memang lumayan, namun Kita bisa juga mencari yang murah. Misal memilih jenis lensa fix yang memang dijual dengan harga yang tidak terlalu fantastis. Hasil jepretannya pun memuaskan karena berhasil mengabadikan obyek secara tajam bahkan jika diambil. Melalui tempat yang minim pencahayaan tidak akan mengurangi ketajaman warna foto yang dihasilkan. Namun jika menghendaki lensa yang lebih mahal tidak ada salahnya mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Sebab nantinya lensa dengan harga lebih akan memberikan hasil yang juga lebih baik dan memuaskan.

  1. Paham cara memaksimalkan lensa,

Kiat tepat lain yang tidak kalah penting agar tidak keliru memilih lensa ialah memahami cara pemanfaatan dari lensa itu sendiri. Sebagai pemula Kita wajib belajar banyak hal dari mereka yang sudah senior dan mengambil ilmu bermanfaat. Lensa terbaik dengan harga mahal akan kurang maksimal jika Kita terlalu sombong untuk belajar otodidak secara mutlak. Mengasah kemampuan menggunakan lensa kamera terbaik yang sudah dipilih bisa pula sering mengikuti lomba. Melihat hasil bidikan peserta lomba lain akan membantu Kita belajar memanfaatkan lensa dan trik lain agar hasil foto maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *