Tips Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

Fotografi makin diminati berbagai kalangan. Dari tahun ke tahun, makin banyak saja peminatnya. Banyak komunitas-komunitas yang didirikan guna menampung antusiaisme para fotografer pemula ini. Banyak forum dibuka. Tak jarang juga workshop-workshop dengan hunting bersama menjadi pointnya. Bagi para pemula mungkin merasa kesulitan memilih kamera yang baik untuk dirinya. Karena begitu banyak jenis kamera diluar sana. Dengan beragam spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan.dengan budget-budget yang beragam pula. Bagi anda yang hendak menerjuni kegiatan satu ini dan tengah mencari kamera pertama anda, baiknya anda simak beberapa tips memilih kamera DSLR untuk pemula berikut ini.

  • Tujuan atau Kebutuhan.

Bijaklah dalam memilih kamera pertama anda. Sesuaikan dengan kebutuhan. Buat apa ngejar fitur canggih, namun tidak membutuhkan fitur tersebut untuk keseharian. Bila ditilik dari segi kebutuhan, fotografi terbagi menjadi dua kebutuhan. Tujuan yang pertama adalah untuk dokumentasi. Kedua untuk media belajar (bila anda seorang mahasiswa yang mengambil kelas fotorgrafi. Dan yang ketiga adalah sebagai hobi. Dari segi kebutuhan saa peralatan tempurnya sudah berbeda. Apabila alasan utama anda membeli kamera adalah nomer satu dan dua, maka baiknya belilah kamera kit. Yaitu kamera yang dijual dalam satu paket yang terdiri dari body dan lensa. Biasanya lensa kitnya mempunyai range antara 18-55mm. Tergantung jenis kamera yang anda beli. Untuk pemula baiknya cari kamera dengan budget yang tidak terlalu mahal. Dan tidak perlu gonta-ganti lensa. Nanti bila anda sudah mahir dan memang anda membutuhkan lensa-lensa tertentu untuk menunjang kreativitas anda, bolehlah hunting lensa. Bijaknya pelajari lensa Kit yang telah ada. Untuk pertama kali, itu sudah lebih dari cukup.

  • Budget

Budget memang menentukan. Maka dari itu budget selalu berbanding lurus dengan kebutuhan. Kamera-kamera pemula dengan budget yang bersahabat cukup banyak, seperti Canon 1100 D atau, Canon 1200 D. Nikon D3300 atau Nikon 3100 bisa juga Sony Alpha A58

Baca Juga:Spesifikasi dan Harga Kamera DSLR 700D

  • Ukuran dan Model

Biasanya untuk dokumentasi, anda akan selalu memegang kamera. Perhatikan desain kameranya. Hand grip, haruslah nyaman dan kuat. Selain itu bobot kamera + lensanya carilah yang tidak terlalu berat. Anda juga bisa beralih ke kamera Four-thirds atau mirrorless yang mempunyai body yang ringan namun dengan lensa yang bisa dibongkar pasang juga layaknya kamera DSLR.

  • Fitur Teknis
  • ISO
  • Sensor
  • Image Stabilization
  • Lihat Teman Sekitar

Perhatikan kamera apa yang banyak dipakai oleh kawan di sekitar kita atau di lingkungn komunitas kita. Fungsi dari melihat teman di sekitar adalah, dengan memiliki perlengkapan fotografi yang sama, maka kelak anda dapat saling bertukan pakai dengan orang-orang tersebut. Bisa saling sharing pengalaman dan troubleshooting. Hingga akan membuat anda melaju lebih cepat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *