Tips Memilih Kamera Digital Poket yang Berkualitas

Memilih dan membeli kamera digital poket sebenarnya cukup mudah, namun karena saking banyaknya pilihan merk, tipe dan level harga membuat memilih kamera yang terbaik sesuai kebutuhan tidak mudah. Berikut ini kami akan membelikan informasi tips membeli kamera poket tepat, dengan harapan bisa Anda jadikan panduan.

Perhatikan Ukuran Sensor

Biasanya orang memilih kamera berdasarkan ukuran resolusinya yang besar. Namun, kenyataannya ukuran besar kecil resolusi kamera tidak menjamin membuat foto lebih baik. Ternyata ukuran sensor kamera jauh lebih menentukan.

Terlalu banyak megapixel pada sensor kamera yang kecil bisa mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan, misalnya dari noise (gambar berbintik), gradasi warna yang tidak halus, dynamic range.

Jika Anda memilih kamera yang mutlak menghasilkan gambar yang kualitasnya bagus dan budget yang Anda miliki lebih, bisa mempertimbangkan memilih kamera digital yang memiliki sensor besar dengan keterbatasan rentang zoom namun tetap menghasilkan kualitas gambar yang baik pada kondisi minim cahaya.

Perhatikan Focal Length Lensa

Kemampuan jangkauan zoom pada kamera sering menjadi fokus para marketing, namun sebenarnya istilah tersebut untuk mempermudah pemahaman pengguna. Ukuran lainnya adalah focal length yang memberitahu lebih banyak cakupan bidang pandang.

Contoh sederhananya, ada dua kamera yang sama-sama memiliki lensa 5x zoom, namun jika salah satunya memiliki focal length 28-140m dan yang satunya 24-120mm, maka ukuran kamera yang kedua yang memiliki jangkauan jarak pandang yang lebih baik.

Baca Juga:Spesifikasi dan Kelebihan Kamera Digital Sony DSC-W810

Jadi, jika Anda memilih kamera poket sebaiknya yang focal lengthnya minimal dimulai dari 28. Namun bukan berarti kamera poket dengan 35mm jelek, karena ada juga kamera fixed 35mm yang fokusnya terbatas namun memiliki fitur lain yang diandalkan seperti ukuran sensornya besar, hybrid viewfinder dll.

Perhatikan Ukuran Kamera dan Fiturnya

Kelebihan kamera poket salah satunya adalah ukurannya yang kecil dan ringan, bisa dimasukkan ke kantong saku baju atau celana. Namun ukuran kecil biasanya membuat fitur kamera terbatas. Jika Anda memilih fitur kamera yang lebih, tidak ada salahnya memilih kamera yang ukurannya agak besar sedikit.

Perhatikan Ukuran LCD dan Kualitas Gambar

Kamera poket biasanya tidak disertai dengan viewfinder, sehingga pengguna hanya mengandalkan LCD yang terdapat di belakang kamera untuk membingkai gambar yang akan difoto atau video.

Agar kualitas gambar lebih cerah, pertimbangan ukuran LCD menjadi penting. Untuk saat ini ukuran kamera poket yang cukup besar adalah 2,5 inchi sampai 3 inchi.

Tetapi, perbandingkan juga dengan resolusinya. Pilih resolusi yang tinggi, karena walaupun ukuran kamera 3 inchi namun resolusinya kecil membuat pengguna susah melihat detail gambar. Sebaiknya pilih kamera yang memiliki resolusi minimal 460K.

Selain mempertimbangkan poin tersebut, ada beberapa poin lainnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan jika memilih atau hendak membeli kamera digital poket, seperti: image stabilization dan video HD.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *