Tips Memilih Kamera Analog Idaman yang Tepat untuk Anda

Di zaman yang serba modern ini, sudah menjadi biasa jika setiap orang selalu menuntut segala sesuatu yang praktis dan mudah. Hal ini pun terbukti dengan munculnya kamera digital sebagai pembaharuan dari kamera model sebelumnya yaitu kamera analog. Kamera digital memang lebih simpel dalam penggunaan, praktis dan memudahkan, bahkan untuk para pemula. Berbeda dengan kamera manual yang lebih ribet dan kurang praktis karena masih memakai film di dalamnya.

 

Masih banyak sekali perdebatan di forum internet terkait pemilihan kamera yang tepat. Meski begitu, perdebatan seperti ini sebetulnya tidak diperlukan karena kedua kamera ini berbeda. Untuk pemilihannya sendiri, maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda saja, bukan harus diperdebatkan. Untuk yang lebih memihak kepada kamera manual sendiri memiliki berbagai macam alasan seperti kamera ini lebih artistik, ingin belajar fotografi dan masih banyak lagi.

 

Jika Anda memang ingin memilih kamera analog, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

 

  • Pertama, Anda harus memperhatikan dari segi ketersediaan baterainya, apakah baterai tersebut masih diproduksi dan banyak tersedia di pasaran atau tidak, terutama pada kamera jenis analog yang full manual. Hal ini lantaran baterai sangat penting untuk kamera.
  • Selanjutnya adalah terkait ketersediaan lensa yang ada di pasaran. Tak hanya kamera digital saja yang membutuhkan lensa, karena kamera manual juga membutuhkannya. Bagi yang memilih kamera jenis fixed lens, maka tenang karena jenis lensanya tidak perlu diganti. Namun bagi yang memilih jenis SLR, maka harus waspada akan hal ini.
  • Selanjutnya adalah dari segi ukuran filmnya. Pastikan untuk mengetahui ukuran film dari kamera yang akan Anda pilih, apakah 35 mm, 120 mm atau jenis medium format. Hal ini diperlukan sehingga Anda bisa memilih jenis film yang pas nantinya sebelum mengoperasikan kamera.

 

Setelah Anda sudah mengetahui kamera seperti apa yang ingin dibeli, selanjutnya lakukan tes pada kamera tersebut yaitu dengan cara:

 

  • Shutter speed – coba tes shutter speed tersebut, apakah tombolnya pas dan langsung menjepret atau tidak dan lainnya.
  • Diafragma lensa – dari segi bukaan ini juga perlu dicek dan pastikan agar kamera yang dipilih lancar ketika bukaan sehingga lebih mudah dalam menjepret gambarnya.
  • Shutter blades – selanjutnya tes juga bagian shutter blades dan hindari kamera dengan shutter blades yang sudah berlubang karena film di dalamnya bisa dengan mudah terbakar.
  • Light sealing – periksa juga semua bagian tepi pintu yang memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam. Cek kembali apakah karet dari seal tersebut dalam kondisi baik atau tidak.

 

Itulah beberapa tips dalam memilih kamera analog idaman Anda. Pastikan untuk membeli hanya di toko yang terpercaya sehingga mendapat kualitas kamera yang terbaik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *