Tips Memilih Aksesoris yang Tepat untuk DSLR Kamera


Tips Memilih Aksesoris yang Tepat untuk DSLR Kamera

Kamera dslr merupakan jenis kamera yang saat ini banyak digunakan baik untuk keperluan hobi maupun fotografi profesional. Hal ini dikarenakan dslr kamera merupakan kamera digital model terbaru dengan hasil jepretan yang sangat memuaskan dan bisa dikatakan diatas rata-rata untuk kamera yang diproduksi dewasa ini. Harganya yang terbilang mahal tak menyurutkan peminat kamera modern untuk memilikinya. Apalagi dengan satu kamera dslr, Anda bisa menggunakan bermacam-macam lensa untuk menghasilkan gambar yang diinginkan.

 Tips Memilih Aksesoris yang Tepat untuk DSLR Kamera

Jika Anda membeli sebuah kamera dslr untuk pertama kalinya, Anda mungkin hanya akan mendapatkan sebuah kamera, batre, dan lensa standar yang menjadi satu paket di dalam kemasannya. Seiring dengan mahirnya Anda menggunakan kamera dslr dan meningkatnya pengetahuan untuk penggunaannya, Anda akan memerlukan beberapa jenis lensa lain dan juga aksesoris pendukung kamera dslr agar bisa menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan. Ada berbagai jenis aksesoris untuk kamera dslr diantaranya adalah:

  • Tas kamera.

Merupakan aksesoris yang paling penting untuk dimiliki. Jika produk kamera yang Anda beli belum menyertakan tas kamera dalam kemasannya, maka sebaiknya Anda segera membelinya untuk keperluan membawa kamera dslr dengan lebih aman.

  • Lap microfiber.

Digunakan untuk membersihkan bagian kamera terutama lensa depan. Gunakan hanya lap microfiber yang khusus digunakan untuk membersihkan optik sehingga lensa depan Anda tidak tergores dan tetap tajam.

Baca Juga:Mengulas Fitur Pada DSLR Kamera yang Paling Sering Terlupakan untuk Digunakan

  • Tripod.

Jika tak bepergian dengan orang lain atau asisten Anda, tak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan tripod untuk membantu Anda menggunakan dslr kamera dengan lebih stabil.

Ada beberapa aksesoris kamera yang dijual secara terpisah namun ada juga yang menjadi satu dalam paket pembelian kamera dslr. Untuk aksesoris yang dijual terpisah seperti tripod dan lainnya, berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih aksesoris mana yang sebaiknya Anda beli untuk mendukung kinerja kamera dslr:

  • Pilih aksesoris dari vendor yang sama dengan kamera Anda.

Kesesuaian aksesoris dengan kamera sangat penting agar aksesoris bisa digunakan dengan maksimal. Cara mengetahuinya adalah dengan membeli aksesoris dengan merk yang sama dengan kamera Anda.

  • Lakukan percobaan terlebih dahulu.

Untuk memastikan suatu aksesori kompatibel dengan kamera Anda, lakukan percobaan terlebih dahulu untuk semua fiturnya, apalagi jika Anda membeli aksesoris yang tidak semerk dengan kamera yang dimiliki.

Belilah aksesoris dslr kamera yang memiliki kode SNI atau dari vendor yang sama dengan kamera Anda untuk memastikan kualitasnya. Khusus untuk lap microfiber, milikilah lebih dari 1 lap untuk digunakan secara bergantian ketika yang lain dicuci. Selain jenis aksesoris di atas, Anda bisa melengkapi kebutuhan kamera dslr dengan batre cadangan maupun lens hood dan berbagai jenis lensa untuk mendapatkan hasil pemotretan yang maksimal.

 

Be Sociable, Share!

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *