Tips Memilih Aksesoris Kamera yang Tepat

memilih aksesoris kamera

Kamera adalah salah satu barang yang penting dan harganya mahal. Sehingga Anda harus merawatnya dengan baik dan dengan cara yang tepat. Salah satu cara merawat kamera yang bagus adalah dengan melengkapinya menggunakan beberapa aksesoris kamera yang akan sangat penting fungsinya. Beberapa aksesoris ini berfungsi sebagai pelindung untuk kamera Anda, namun juga ada yang berfungsi sebagai hiasan.

Salah satu aksesoris untuk kamera Anda yang harus Anda beli adalah tas kamera. Tas ini tentu saja sebagai tempat menyimpan kamera. Namun karena kamera adalah barang yang rentan, maka ada beberapa tips memilih aksesoris kamera yang dapat Anda lakukan agar dapat memilih tas kamera yang bagus dan aman, yakni:

  1. Bahan tahan air

Sebaiknya Anda memilih tas untuk kamera Anda yang bahannya tahan terhadap air. Hal ini bukan berarti Anda harus memasukkan kamera Anda ke dalam air, namun dengan tas yang tahan air ini akan lebih aman.

  1. Berbahan empuk

Karena kamera juga merupakan bahan yang mudah pecah maka sebaiknya Anda memilih tas yang empuk.

Apabila tas untuk kamera Anda adalah bahannya dapat tahan air maka tentu saja akan aman apabila kamera Anda tidak sengaja terkena air hujan atau tidak sengaja terkena air laut. Sedangkan untuk bahan yang empuk ini sendiri juga sangat membantu kamera Anda agar lebih aman karena walau terguncang kamera tidak akan retak.

Selain tas kamera, salah satu aksesoris kamera yang harus Anda miliki adalah penyangga kamera. Hak ini penting karena pada dasarnya kamera ada benda yang berat. Sehingga apabila Anda memegangnya untuk waktu yang lama maka akan terasa lelah. Maka dari itu Anda harus membeli pegangan atau penyangga kamera. Namun dalam membeli aksesoris tersebut ada hal yang harus Anda perhatikan, yakni:

  • Berbahan kuat

Usahakan bahan dasar dari penyangga tersebut adalah bahan yang kuat.

  • Dapat berfungsi untuk baterai cadangan

Dan akan lebih baik lagi jika penyangga tersebut juga dapat berfungsi sebagai baterai cadangan.

Apabila Anda memilih bahan penyangga yang kuat maka sudah pasti penyangga tersebut akan dapat menopang atau menahan kamera Anda dengan aman dan kokoh. Selain itu bahan yang lebih kuat ini tentu saja akan lebih awet dan tahan lama. Pada saat ini ada beberapa penyangga kamera yang dapat berfungsi sebagai baterai cadangan. Walaupun ini tidak untuk semua jenis kamera, namun penyangga ini tentunya akan lebih efisien.

Dan aksesoris untuk kamera yang harus Anda miliki lainnya adalah aksesoris untuk lensa kamera Anda. Ada beberapa jenis aksesoris yang dapat Anda beli untuk menjaga lensa Anda agar tetap bagus. Dan beberapa aksesoris tersebut adalah:

  • Filter lensa

Tentu saja ini adalah aksesoris yang dapat melindungi lensa Anda dari debu, kotoran maupun air.

  • Kit pembersih lensa

Karena lensa bersifat penting maka sebaiknya Anda juga memiliki kit pembersih lensa. Kit ini akan membuat lensa Anda agar tetap bersih dan jernih.

Sebaiknya Anda memilih kualitas filter lensa yang bagus karena akan mempengaruhi hasil jepretan Anda. Karena apabila kualitas dari filter tersebut bagus maka tentu saja filter itu akan jernih dan hasil foto akan maksimal. Selain itu apabila dalam membeli aksesoris kamera untuk kit, usahakan Anda membeli kit yang lengkap. Sehingga Anda dapat membersihkan kamera Anda dengan bagus dan tepat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *