Tips Fotografi Khusus yang Bisa Dijadikan Acuan untuk Pemula

Tips Fotografi Khusus yang Bisa Dijadikan Acuan untuk Pemula

Fotografi adalah proses yang menyenangkan dan mempesona. Sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk memulai belajar dunia fotografi. Anda bisa mulai memotret apa pun yang menarik minat Anda. Karena hambatan teknis pada fotografi telah berkurang secara drastis, namun Anda masih memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada cara mengambil foto yang bagus. Di bawah berikut ada beberapa tips fotografi yang dapat Anda jadikan sebagai acuan pada saat ingin belajar fotografi.

 Tips Fotografi Khusus yang Bisa Dijadikan Acuan untuk Pemula

Ada banyak yang harus diambil sebagai fotografer baru. Dengan melakukan fotografi dan menghasilkan gambar yang sempurna, maka Anda dapat menyimak pada ulasan berikut ini yang akan menemukan perlengkapan yang akan membantu meningkatkan keterampilan Anda. Menjadi seorang fotografer memang menjadi hal yang sangat menyenangkan, sehingga Anda yang masih dalam tahap belajar fotografi, maka tidak ada waktu terlambat. 

Berikut ini tips fotografi yang dapat Anda jadikan sebagai acuan:

  • Pelajari semua aturan.

Aturan fotografi sangat penting karena mereka menyediakan landasan untuk kiat dan trik fotografi yang lebih canggih nantinya. Pelajari aturannya terlebih dahulu, jadi Anda memiliki kontrol yang lebih kreatif saat mengurainya nanti.

  • Fokuskan terlebih dahulu, kemudian bingkai bidikan Anda.

Gambar yang tidak benar atau buram tidak dapat digunakan, tetapi gambar yang tidak tepat mungkin masih dapat disimpan. Untuk alasan ini, Anda harus selalu fokus dan mengekspos subjek dengan benar sebelum menyesuaikan bingkai.

  • Fokus pada mata.

Saat mengambil foto potret di setiap celah, pastikan Anda memaku fokus pada mata. Selama mata berada dalam fokus, Anda dan subjek Anda lebih cenderung menganggap gambar untuk ditembak dengan benar.

  • Buat banyak kesalahan, kemudian belajar dari kesalahan tersebut.

Semakin banyak kesalahan yang Anda buat, semakin cepat Anda akan belajar dan meningkatkan keterampilan fotografi Anda. Semua fotografer profesional pernah memulai tanpa memahami apa pun di kamera.

  • Sempurnakan trifecta pemaparan.

Mendapatkan eksposur yang tepat dalam fotografi terdiri dari menyeimbangkan tiga hal seperti kecepatan rana, apertur, dan pengaturan ISO. Anda dapat memulai dengan memotret dalam mode otomatis atau prioritas.

Selalu siap untuk mengambil bidikan, sedangkan kebanyakan DSLR digital memiliki waktu startup hampir seketika, dan hampir tidak membutuhkan daya baterai ekstra untuk menyalakan kamera Anda. Jaga kamera Anda pada salah satu mode semi otomatis atau otomatis penuh untuk gambar yang tidak terduga sebelum subjek Anda terbang.

Bidik ukuran aperture sekitar f / 2.8 hingga f / 5.6 untuk menjadikan latar belakang di belakang subjek Anda lebih buram. Ini akan membantu menghilangkan latar belakang yang mengganggu dan membuat subjek Anda menonjol. Anda dapat bereksperimen dengan lubang yang lebih lebar, tetapi berhati-hatilah agar mata subjek tetap fokus. Itulah tips fotografi yang dapat Anda pelajari.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *