Tips Foto Untuk Pemula

Saat ini fotografi menjadi salah satu hobi yang sangat populer. Hobi ini memiliki daya tarik tersendiri dan cukup menyenangkan untuk dipelajari, terutama bagi mereka yang sering bepergian dan melihat tempat-tempat baru. Sebagai bekalnya, mereka juga mungkin memerlukan tips foto agar bisa mendapatkan foto perjalanan yang berkualitas.

Untuk menghasilkan foto yang berkualitas memang memerlukan banyak latihan, pengalaman, serta pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar fotografi. Tidak mengherankan bila semakin banyak orang yang mencari berbagai tips foto untuk pemula. Berikut adalah tips untuk kalian yang masih hijau dalam dunia fotografi.

  • Jangan langsung membeli peralatan yang mahal

Pada saat pertama kali ingin belajar fotografi, sebaiknya Anda tidak langsung membeli peralatan yang serba mahal. Belilah perlengkapan yang murah jika kita masih di tingkat pemula. Banyak pilihan kamera digital atau mungkin kamera DSLR yang ditujukan untuk pemula. Bahkan Anda juga bisa memilih untuk membeli kamera bekas. Jangan tergiur lensa-lensa mahal yang menjanjikan hasil jepretan yang luar biasa bagus. Peralatan memang penting, namun bukan yang terpenting. Perlu diingat, yang paling penting dalam fotografi adalah kemampuan kita dalam memandang suatu objek, bukan seberapa mahal kamera yang Anda miliki. Jadi, pelajarilah terlebih dahulu teknik-teknik dasar menggunakan peralatan tersebut, dan cobalah untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

  • Beli tripod

Aksesoris kamera ini memang tidak wajib, namun sangat dibutuhkan oleh mereka yang tangannya sering dan mudah gemetar.

  • Bawa terus kamera Anda

Tips foto ketiga ini sangat penting pada saat belajar fotografi untuk pemula. Momen bagus dan indah tidak akan datang terus-menerus, jadi sebaiknya selalu bawa kamera Anda agar siap saat ada momen yang bagus untuk diabadikan.

Baca Juga:Tips Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

  • Jangan menganggap biasa objek yang terlihat

Jika dilihat dengan mata langsung, sebuah benda mungkin akan memberi kesan biasa saja. Namun, lewat trik-trik fotografi tertentu, sebuah subyek foto yang biasa bisa menghasilkan foto yang luar biasa.

  • Nikmati proses belajar

Belajar fotografi untuk pemula mungkin akan membosankan. Walaupun demikian, Anda harus bisa mengubahnya agar menjadi menyenangkan. Triknya, temukan objek fotografi yang berbeda-beda agar Anda tidak cepat bosan.

  • Cari referensi sebanyak mungkin

Untuk tips foto keenam ini, kita bisa memanfaatkan banyak sumber untuk belajar fotografi, termasuk Internet. Ada banyak situs, termasuk YouTube, yang memberikan tutorial fotografi untuk pemula secara gratis sehingga pembelajaran Anda akan menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. Akan lebih baik lagi jika kita mempelajarinya langsung dari fotografer profesional yang sudah berpengalaman.

  • Tanya pendapat ahli

Publikasikanlah hasil jepretan Anda dan cobalah untuk meminta pendapat orang-orang di sekitar Anda. Akan lebih bagus jika kita memiliki kenalan seseorang yang sudah profesional di dunia fotografi. Anda bisa meminta saran dan kritiknya, serta cobalah untuk mengamati foto seperti apa yang dikategorikan “bagus” olehnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *