Ternyata Melakukan Perawatan Kamera DSLR Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Mempunyai kamera DSLR bukan berarti kita bisa bebas menggunakannya, namun kamera DSLR ini juga harus dirawat dengan baik agar bisa digunakan secara maksimal. kamera DSLR juga memerlukan perawatan agar selalu bersih. Selain itu perawatan yang Anda lakukan juga akan mempengaruhi kualitas kamera tersebut. Sebenarnya perawatan kamera ini tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Berikut beberapa tips melakukan perawatan.

Pertama, jaga kebersihan lensa Anda. selalu jaga dengan baik kebersihan lensa walaupun kamera sedang tidak digunakan. Cara untuk membersihkan lensa kamera DSLR ini menggunakan cleaning kit, namun Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih, namun hindari menyemprotkan cairan tersebut langsung ke lensa, semprotkan cairan dan lap dengan menggunakan microfiber, usapkan lap hingga ke seluruh bagian lensa. Jangan lupa pasang les cap saat lensa tidak Anda gunakan. Lens cap bisa melindungi lensa kamera dari debu dan sidik jari.

Cara melakukan perawatan kamera yang kedua ialah bawa kamera menggunakan tas khusus. Saat Anda akan membawa kamera untuk pengambilan foto, pergunakan tas khusus untuk kamera. Lengkapi tas dengan bantalan empuk di dalam untuk menjaga kamera dari benturan. Di dalam tas ini juga terdapat ruang khusus menyimpan charger, filter serta perlengkapan lain sebagai pendukung aktivitas pengambilan gambar Anda. tas khusus ini bisa melindungi kamera sehingga tidak mudah rusak. Jangan memasukkan tas di dalam tas biasa karena tas tersebut tidak mempunyai pelindung dan tidak bisa menjaga kamera tetap dalam kondisi aman.

Baca Juga:Cara Perawatan Kamera Mirrorless dan Penyimpanannya

Ketiga, jangan lupa gunakan pelindung layar pada kamera. Kamera sebenarnya hampir sama dengan ponsel, cara melakukan perawatannya, apalagi untuk bagian LCD-nya bisa dilakukan dengan pemasangan screen guard. Pelindung ini bisa menjaga layar sehingga tidak tergores atau tidak terkena sidik jari. Bahkan, screen guard dapat menjaga LCD sehingga terlindung dari debu. Jika kita membicarakan masalah harga, sebenarnya harga pelindung layar kamera DSLR ini tidak mahal, sayangnya banyak fotografer yang malas memasangi kamera DSLR mereka menggunakan pelindung layar, padahal pelindung layar adalah satu-satunya cara melindungi LCD tetap mulus.

Perawatan kamera yang terakhir dengan pasang filter agar bisa melindungi lensa. Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan untuk melindungi kamera DSLR Anda sehingga tetap awet. Pasang UV filter pada lensa. Anda tidak perlu cemas karena pemasangan filter tidak akan mengurangi kualitas bidikan gambar Anda. sesuai dengan nama yang dimilikinya, UV Filter dapat menjaga lensa dari berbagai pengaruh buruk sinar matahari yang memiliki kandungan ultraviolet, bukan hanya itu. Fungsi dari filter sebagai pencegah kotoran dan debu menempel pada lensa. Filter pun harus dibersihkan dengan berkala. Tetapi, Anda harus berhati-hati saat membersihkan filter ini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *