Tas Kamera, Pelindung Kamera Saat Pendakian

Mendaki gunung belakangan ini menjadi aktivitas yang digandrungi oleh banyak anak muda. Selain bisa menjadi langkah tepat untuk olah tubuh, mendaki gunung juga bisa menjadikan pikiran dan hati lebih terasa segar karena melihat pemandangan alam indah bila sudah sampai di puncaknya. Untuk mengabadikan segala momen yang ada, pastikan membawa kamera dengan baterai yang cukup sehingga bisa selalu mengambil momen dengan sempurna. Selain itu, jangan lupa bawa tas kamera sehingga kamera bisa terlindung dari berbagai benturan dan resiko lainnya.

Mengingat jalanan di pegunungan sangat terjal, maka bagi Anda yang ingin membawa kamera dalam acara pendakian juga tidak boleh sembarangan. Hal ini lantaran kondisi medan di pegunungan dan cuaca nya yang berbeda kerapkali menjadi faktor penggagal utama dalam mengabadikan momen indah dengan kamera. Untuk itu, Anda juga perlu tahu trik khusus untuk bisa membawa kamera dalam acara pendakian seperti berikut ini:

  • Pisahkan kamera dengan tas khusus dan berikan pelengkap berupa raincover

Hal yang paling mendasar yang harus diketahui bagi pengguna kamera untuk perjalanan di pegunungan adalah dengan membawa tas kamera khusus. Selain itu, tas yang dipilih juga harus memiliki busa pelindung tebal sehingga bisa melindungi dengan sempurna dari berbagai resiko benturan mengingat aktivitas pendakian memang selalu tidak mudah. Selain itu, jangan lupakan raincover khusus untuk kamera tersebut sehingga kamera bisa terlindung meski posisi sedang hujan.

Baca Juga: Kamera DSLR Murah Meriah untuk Pemula

  • Hindari terlalu lama ada di dalam tas

Perlu diketahui jika terlalu menyimpan kamera di dalam tas juga bisa membuat kamera butuh waktu lama beradaptasi dengan suhu luar tas sehingga bisa jadi membuatnya cepat berembun karena suhu luarnya sangat dingin. Untuk itu, masukkan kamera di dalam tas hanya ketika melewati medan yang terjal saja sehingga kamera mampu terlindungi. Usahakan agar tas yang dipergunakan memiliki lubang udara sehingga suhu luar dan dalam tidak jauh berbeda.

  • Manfaatkan beras

Beras untuk urusan pendakian bukan hanya bisa dimanfaatkan dalam keperluan makan saja, namun juga bisa mengurangi efek berembun pada lensa kamera. Ketika lensanya sudah terlanjur berembun, maka Anda bisa menggunakan beras dan memasukkan dalam tas untuk kamera. Hal ini lantaran suhu dari beras mampu membuat suhu kamera menurun lebih cepat sehingga embun nya bisa hilang lebih cepat.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menyelamatkan kamera dalam kondisi pendakian. Tas kamera memiliki peran penting sehingga wajib untuk dibawa. Dalam permasalahan baterai kamera, usahakan untuk mencabut baterai dalam kamera dan jepit menggunakan ketiak demi bisa menjaga suhu baterai yang tetap hangat sehingga baterai tidak mudah drop.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *