Tahukah Anda Perbedaan dari Kamera SLR dan DSLR?

Bagi para pecinta dunia fotografi, apalagi mereka yang telah mengenal lika-liku dengan baik, sudah pasti tidak asing lagi dengan adanya kamera SLR dan DSLR. Mungkin Anda mengira jika kamera ini adalah kamera yang sama, dengan kata lain, entah SLR atau pun DSLR, keduanya sama. Padahal, kedua kamera ini memiliki perbedaan. Dari dua kamera ini, mungkin yang sering Anda kenal atau Anda gunakan adalah DSLR.

Sebenarnya, kamera memang digunakan untuk mengabadikan momen penting, dengan kamera profesional, Anda akan memperoleh hasil gambar dari apa yang telah Anda abadikan sebelumnya. Di pasaran telah ada berbagai macam jenis kamera seperti kamera Saku, SLR dan DSLR. Untuk masalah harga, dari beberapa kamera di atas sudah pasti mempunyai keragaman harga, ada harga yang dibanderol murah, namun ada pula yang dibanderol dengan cukup mahal.

Bagaimana dengan kamera SLR? Seperti yang kita tahu, SLR mempunyai kepanjangan Single Lens Reflex atau menggunakan satu lensa saja. Artinya cahaya dibawa oleh satu lensa di dua tempat sekaligus, yakni di focal plane serta view finder. Dengan demikian, Anda akan memperoleh gambar berlayar yang sebenarnya mempunyai kesamaan persis atau sama dengan hasilnya. Fotografer bisa memastikan ketika pengambilan gambar di layar. Setelah gambar di ambil, jepretan akan disimpan di gulungan film, dengan gulungan ini, Anda bisa dengan mudah untuk mencetak. Namun, si pemilik tidak bisa melakukan modifikasi atau melakukan edit foto sebelum pencetakan. Ini adalah salah satu kelemahan yang dimiliki SLR.

Kedua, kamera DSLR. Kamera ini mempunyai kepanjangan Digital Single Lens Reflex. Kamera ini merupakan kamera modern. Di dalamnya sudah dibekali dengan sistem yang bisa memfokuskan cahaya di viewfinder. Kamera ini tidak memerlukan gulungan film karena secara otomatis menyimpan gambar ke memori card. Untuk menggunakannya juga tidak bisa sembarangan. Anda diharuskan mengerti titik fokus sehingga gambar yang dihasilkan bisa sesuai dengan apa yang diinginkan, kamera ini mempunyai LCD yang dapat menampilkan hasil dari pengambilan. Anda bisa memilih, apakah ingin menyimpan gambar atau menghapusnya. Untuk mencetaknya juga mudah dilakukan, Anda hanya membutuhkan printer dan kemudian mengcopy dari memori kamera ke laptop, kemudian melakukan pencetakan. Bila Anda memiliki profesi sebagai seorang fotografer namun kamera ini sangat direkomendasikan karena di dalamnya telah disematkan mode yang bisa mempermudah urusan pengambilan gambar.

Dari dua kamera tersebut, kedua-duanya dicap sebagai trend kamera yang paling baik. bila dulu ada orang yang membawa kamera SLR atau kamera DSLR, dipastikan mereka ialah fotografer, namun sekarang sudah berbeda karena banyak remaja yang sudah menenteng kamera ini. kamera ini tetap saja menjadi barang mewah, namun bisa dibeli oleh siapa pun serta tidak mengharuskan fotografer saja yang bisa memilikinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *