Simak 4 Tips Berikut Agar Daya Baterai Kamera Lebih Hemat

Bagi yang suka mengambil foto di berbagai kesempatan dijamin selalu membawa serta kamera di tas atau sakunya, namun pernahkah memperhatikan baterai kamera tersebut? Kamera zaman sekarang memang menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dayanya sehingga lebih efisien dan mudah untuk digunakan. Baterai pada kamera tentu memiliki kapasitas beragam yang tentunya oleh produsen kamera sudah disesuaikan dengan karakter kamera buatannya. Semakin tinggi spesifikasi kamera maka baterai yang disematkan di dalamnya akan memiliki kapasitas semakin besar sehingga tidak saling tumpang tindih.

Cermat Menghemat Baterai Pada Kamera

Melihat penggunaan baterai yang dicharger, maka ada baiknya paham bagaimana menghemat daya di baterai supaya lebih puas mengambil foto ketika di perjalanan. Adapun beberapa cara menghemat daya baterai tersebut antara lain:

  • Matikan fitur auto focus,

Membantu kamera diet dalam mengkonsumsi daya listrik bisa mematikan fitur auto focus, dan langkah ini khusus pengguna kamera DSLR ataupun mirrorless. Ketika fitur auto focus dinyalakan maka setiap membidik obyek kamera akan bekerja lebih ekstra mencari dan mengunci obyek tersebut. Sehingga konsumsi listriknya pun lebih besar ketimbang memakai fitur manual focus.

  • Kurangi aktifitas menyalakan layar kamera,

Mayoritas orang usai membidik obyek akan melihat atau memeriksa hasilnya, sehingga layar kamera menyala lebih lama. Tindakan ini bisa berdampak pada baterai kamera yang dayanya bisa cepat ludes apalagi jika sampai memakai fitur live view untuk melihat hasil jepretan. Ketika membidik usahakan langsung mengambil beberapa kali jepretan, tidak perlu langsung dilihat hasilnya. Nanti saja sesampainya di rumah supaya kamera bisa digunakan sampai seharian penuh dan memotret lebih banyak.

  • Pertimbangkan menurunkan flash dan meningkatkan ISO,

Dalam dunia fotografi biasanya pengguna kamera mengaktifkan fitur flash dengan maksud menghasilkan foto yang jernih. Terutama untuk pengambilan gambar di lokasi minim cahaya, namun pilihan ini rupanya kurang baik untuk baterai. Akan lebih dianjurkan memanfaatkan fitur ISO yang sama-sama mampu memperbaiki kualitas cahaya yang buruk ketika memotret. Menariknya fitur ISO yang dinaikkan tidak membuat konsumsi daya listrik membengkak malah semakin hemat. Hasilnya baterai di kamera kesayangan akan lebih tahan lama sehingga lebih puas mengambil foto.

  • Matikan kamera usai membidik obyek,

Demi menghemat baterai pada kamera kesayangan Anda bisa mencoba segera mematikan kamera usai membidik obyek. Meski kurang efisien karena harus menekan tombol on maupun off secara berulang namun hasilnya baterai lebih hemat. Pertimbangkan langkah lain dengan mengaktifkan fitur auto on off pada kamera sehingga usai memotret kamera secara otomatis akan dalam kondisi mati. Langkah ini bisa diaplikasikan untuk membantu menghemat daya sekaligus merawat baterai kamera sehingga lebih maksimal ketika mengambil foto.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *