Sejarah Photoshop

Sejarah Photoshop—photoshop merupakan software edit foto yang sangat melegenda. Perangkat lunak buatan Adobe System pertama kalinya muncul ke permukaan pada tahun 1988 dengan platform Macintosh.  Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer dengan penggiat desain. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suit). Versi kesembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi kesepuluh disebut Adobe Photoshop CS3, versei kesebelas disebut CS4, keduabelas disebut CS5, ketigabelas disebut CS6 dan yang terbaru adalah Adobe Photoshop CC (Creative Cloud).

Sejarah Photoshop dimulai pada tahun 1987, ketika Thomasn Knoll, seorang mahasiswa PhD Universitas Michigan, muai menulis sebuah program pada Macintosh plus miliknya. Program ini yang mempunyai nama Display ini, bertujuan untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Ternyata Display menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas lntas mengambil cuti selama 6 bulan guna mengembangkan program tersebut bersama John. Program yang lantas diberi nama ImagePro itu berjalan lancar dan setahun kemudian Thomas mengubah namanya menjadi Photoshop.  Thomas pun bekerja dala jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikaan salinan dari program tersebut dengan slide scanner. Total ada 200 salinan photoshop telah dikirmkan dengan cara ini.

Saat Thomas sibuk dengan Barneyscan, John memberikan demonstrasi program itu kepada Insinyur di Apple serta Direktur Seni di Adobe System. Kedua demostrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikannya pada bulan september 1988. Dan dua tahun kemudian, photoshop 1.0 pun dirilis untuk Macintosh.

Meskipun pada awalnya photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar World Wide Web. File format asli milik Photoshop yaitu PSD dapat diekspor ke dan dari Adobe Image Ready, Adobe Ilustrator, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects dan Adobe Encore DVD. Photoshop sendiri dapat menerima penggunaan beberapa model warna. Diantaranya yaitu:

  • RGB Color Mode
  • Lab Color Mode
  • CMYK  Color Mode
  • Grauscale
  • Bitmap
  • Duoton

Versi yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Progam ini dipasarkan dengan nama Photoshop CS2.  CS merefleksikan integrasi produk photoshop dengan aplikasi “Creative Suit” buatan Adobe dan disebut 2 karena program ini adalah versi rilis ke 2 sejak adobe mengintegrasikan kedua produknya. Adobe menyertakana tambahan untuk versi kedua ini. Yaitu, multiple layer, slecting, wrap, transform tool dan color replacement. Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyertakan filter reduce grain yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kurang cahaya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *