Sejarah Awal Tripod Sebagai Perangkat Aksesoris Kamera Yang Sangat Berguna

Sebagai penggemar kamera tentu anda harus mengetahui segala beluk persoalan dunia kamera. Termasuk perangkat aksesoris kamera yang sering menjadi perangkat pendukung untuk menambah kesan fotografi Anda. Sebagai penggemar fotografi Anda, tidak hanya harus bisa memotret atau membidik gambar yang tepat. Tapi juga mengenail perangkat-perangkat penting lainnya, yakni segala aksesoris pendukung.

Dalam postingan kami kali ini, kami akan memberikan informasi penting mengenai salah satu  aksesoris kamera penting yakni tripod. Untuk sekedar menambah pengetahuan Anda mengenai dunia kamera, kami akan mengenalkan sejarah pertama kalinya tripod digunakan.

Sejarah Munculnya Tridpod

Banyak budaya, termasuk orang-orang kuno Cina dan Yunani, tripod digunakan sebagai ornamen, piala, altar pengorbanan, memasak atau kuali, dan tembikar keramik dekoratif. Tripod tembikar telah menjadi bagian dari kumpulan arkeologis di Cina sejak budaya Neolitik awal Cishan dan Peiligang di 7 dan 8 milenium SM.  tripod  ditemukan digunakan di Cina kuno biasanya perunggu tapi kadang-kadang muncul dalam bentuk keramik. Mereka sering disebut sebagai “bantingan” dan biasanya memiliki tiga kaki, tetapi dalam beberapa penggunaan memiliki empat kaki.

Cina menggunakan tripodsecara simbolis di zaman modern, seperti pada tahun 2005, ketika sebuah “Persatuan Nasional Tripod” yang terbuat dari perunggu disampaikan oleh pemerintah Cina pusat ke pemerintah Daerah Otonomi Xinjiang Uygur laut China untuk menandai ulang tahun kelima puluhnya. Hal itu dijelaskan melambangkan kesatuan tradisional. Di Yunani kuno, tripod yang sering digunakan untuk mendukung lebes, atau kuali, kadang-kadang untuk memasak dan keperluan lain seperti vas pendukung.

Fungsi Tripod di zaman modern

Tripod Head/Kepala Tripod mempunyai fungsi  sebagai kepala tripod adalah bit antara kaki tripod dan kamera Anda. Banyak tripod dijual sebagai kit dengan kepala, tetapi Anda juga dapat membeli secara terpisah, yang akan membuat bidikan kamera Anda lebih seimbang. Sebuah tripod adalah bingkai berkaki tiga portable, digunakan sebagai platform untuk mendukung berat kamera dan menjaga stabilitas beberapa objek lain. Sebuah tripod memberikan stabilitas terhadap pasukan ke bawah dan gaya horisontal dan gerakan tentang sumbu horisontal. Posisi dari tiga kaki dari pusat vertikal memungkinkan leverage yang tripod yang lebih baik untuk menahan gaya bidikan.

Tripod digunakan untuk kedua gerakan dalam dunia  fotografi untuk mencegah gerakan kamera dan memberikan stabilitas. Tripod terutama diperlukan saat eksposur lambat kecepatan sedang dilakukan, atau ketika lensa tele yang digunakan, karena setiap gerakan kamera saat shutter terbuka akan menghasilkan gambar yang kabur. Dalam nada yang sama, mereka mengurangi guncangan kamera, dan dengan demikian berperan dalam mencapai ketajaman maksimal.

Sebuah tripod juga membantu dalam mencapai framing yang tepat dari gambar, atau ketika lebih dari satu gambar yang sedang dibuat dari adegan yang sama, misalnya ketika bracketing exposure. Gunakan tripod juga dapat memungkinkan untuk pendekatan yang lebih bijaksana dengan fotografi. Untuk alasan ini, tripod semacam ini sering diperlukan untuk fotografi profesional. Sehubungan dengan film / video, penggunaan tripod menawarkan stabilitas dalam tembakan serta ketinggian tertentu yang diinginkan. Penggunaan tripod dalam film / video sering merupakan pilihan kreatif Direktur sebagai salah satu aksesoris kamera yang cukup penting.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *