Perhatikan 4 Kiat Ini untuk Memilih Lensa Camera dengan Tepat

Perhatikan 4 Kiat Ini untuk Memilih Lensa Camera dengan Tepat

Bagi penggemar fotografi tentu memahami betul jika lensa camera menjadi komponen yang krusial dalam menunjang hobi atau profesi tersebut. Lensa ini bisa menentukan seberapa jernih hasil bidikan yang bisa ditangkap baik untuk obyek yang dekat, jauh, maupun berukuran kecil. Sudah menjadi rahasia publik jika harga lensa ini sama bahkan lebih mahal ketimbang harga perangkat kameranya. Sebab kualitas foto sedikit banyak memang dipengaruhi oleh kondisi lensa, jikalaupun fitur fotografi pada kamera lengkap namun lensanya error dijamin error pula hasilnya.

Perhatikan 4 Kiat Ini untuk Memilih Lensa Camera dengan Tepat

Kiat Memilih Lensa yang Tepat

Meskipun menjadi pemeran penting dalam dunia fotografi, usahakan untuk tidak sembarangan dalam membeli lensa agar tidak kecewa. Berikut beberapa kiat yang perlu dicermati untuk meminimalkan kesalahan:

  • Sesuaikan dulu dengan kebutuhan,

Pada saat membeli kamera DSLR biasanya akan dilengkapi dengan lensa kit yang terdiri atas beberapa jenis. Kalau memang lebih suka foto keluarga atau foto sederhana paketan ini dirasa sudah cukup. Hanya saja kalau perlu memotret lebih dinamis, misal fotografi makro otomatis butuh lensa tambahan. Intinya beli lensa sesuai kebutuhan dengan menyesuaikan tipe fotografi yang ingin ditaklukkan.

  • Sesuaikan dengan sensor pada kamera yang dipakai,

Kamera yang tersedia di pasaran biasanya memiliki sensor yang berbeda, jadi Anda wajib menyesuaikan lensa camera yang dibeli dengan sensor tersebut. Supaya tidak bingung silahkan banyak bertanya pada penjual karena secara umum pabrikan lensa menyediakan dua tipe sensor. Pertama sensor full frame yang tentu punya diameter besar untuk kamera yang diameter tempat lensanya juga besar. Pilihan kedua adalah lensa APSC untuk diameter kecil, kalau tidak disesuaikan hasil foto akan mengecewakan.

  • Lensa dari pabrik atau non pabrik?

Ketika masuk ke toko kamera untuk membeli lensa biasanya akan ditawarkan beberapa pilihan, mulai dari merek pabrikan. Anda bisa menemukan lensa bermerek Sony, Nikon, dan sebagainya sampai produk aftermarket yang cenderung lebih murah. Sekedar memenuhi hasrat memotret dan ingin hemat bisa mencoba produk lensa aftermarket hanya saja kualitasnya tentu tidak maksimal. Sebagai investasi jangka panjang silahkan memilih lensa pabrikan dan perlu disesuaikan dengan merek kamera yang dimiliki.

  • Uji dulu kondisi lensa tersebut,

Untuk mengetahui kondisi dan kualitas dari lensa yang ditawarkan toko kamera Anda musti mencobanya terlebih dahulu. Uji coba bisa dengan mudah menentukan mana yang kondisinya masih sangat memuaskan. Bisa dilihat dari kemampuan autofocus lensa tersebut apakah masih bisa mengimbangi fitur fotografi di dalam kamera. Kemudian pastikan kualitas foto yang dihasilkan juga memuaskan, sehingga sudah terjamin kalau lensa ini bisa mendukung aktifitas memotret Anda. asalkan mau sedikit teliti maka tidak perlu kecewa setiap kali belanja lensa camera.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *