Perbedaan Tongsis Dan Monopod Kamera

Tentu Anda mengenal apa itu tongsis. Namun tahukan Anda apa yang dimaksud dengan monopod? Sebagian orang menganggap bahwa monopod dan tongsis adalah sama, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. lalu apa perbedaan monopod kamera dengan tongsis? Untuk mengetahui perbedaannya langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan Tongsis Dengan Monopod

Sebagian masyarakat khususnya di Indonesia memiliki minat yang besar terhadap foto selfie, alat ini membantu mengambil foto sendiri tanpa bantuan orang lain. masyarakat sering bingung masalah perbedaan tongkat narsis dengan monopod kamera. Karena jika dilihat dari fisiknya, kita bisa salah membedakan keduanya. Perbedaan utama tonsis dan monopod adalah tujuan penggunaannya, yaitu:

  • Tongsis

Tongsis atau tongkat narsis memungkinkan pengguna menyimpan kamera atau ponsel pada tongkat dan melakukan foto secara remote. Tongkat yang sejenis monopod ini sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan smartphone. Tongkat kecil tongsis dapat dipanjangkan dan dibuka sedikit lebih lama untuk mengambil foto jarak jauh.

Salah satu ujung tongsis fungsinya digunakan untuk pegangan. Sedangkan ujung yang lainnya digunakan untuk menjepit smartphone. Alat ini dilengkapi dengan tombol remote atau control menggunakan teknologi Bluetooth yang memungkinkan pengguna mengambil foto.

  • Monpod

Monopod atau dikenal dengan sebutan unipod adalah tiang yang memungkinkan para penggunanya untuk menempatkan kamera DSLR, kamera video, teropong atau senapan. Tujuan alat ini untuk memotret adalah agar mendapatkan hasil shoot atau pemotretan yang presisi.

Biasanya alat ini digunakan oleh para fotografer untuk pengambilan gambar agar hasilnya lebih tajam pada kecepatan rana yang lebih lambat atau saat menggunakan kamera dengan lensa panjang fokus lebih dalam. Untuk para snaiper alat ini bisa digunakan untuk menyematkan senapan saat menembak sasaran.

Bentuk monopod seperti tripot, namun perbedaannya adalah dari jumlah kaki. Monopod hanya memiliki satu kaki, beda dengan tripod yang memungkinkan kamera bisa berdiri sendiri. Sedangkan monopod karena hanya satu kaki membutuhkan seseorang untuk membantu memegang pod-nya.

Dengan adaptor khusus, alat ini bisa digunakan sebagai chestpod yang artinya kaki monopod bertumpu di dada fotografer. Hasilnya kamera lebih mantap mengambil objek dibandingkan jika hanya menggunakan tangan saja. Alat ini benar-benar fleksibel, cocok digunakan dalam videografi yaitu pengambilan gambar dimana fotograder harus ikut bergerak mengikuti objek.

Dari segi harga, tongsis dan monopod berbeda-beda. Perbedaan harga bisa disebabkan karena bahan, merk dan fiturnya. Jika Anda sedang mencari kedua alat tersebut bisa beli di toko-toko elektronik atau di situs jual beli Bukalapak.com. di situs ini Anda bisa mendapatkan gambaran model tongsis dan monopod kamera. Jika ada yang sesuai baik model dan harganya, bisa langsung melakukan pemesanan. Dengan belanja online Anda bisa dengan mudah belanja tongsis dan monopod atau barang lainnya tanpa harus keluar rumah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *