Perbedaan Kamera Manual Dengan Kamera Digital

Perbedaan Kamera Manual Dengan Kamera Digital— zaman memang telah berkembang ke arah yang lebih maju. Perkembangan teknologi juga berdampak makin canggihnya dunia fotografi. Senjata-senjata yang dihasilkan guna mengabadikan bergam objek pun, banyak membanjiri pasar. Semuanya serba digital. Seolah keberadaan kamera manual ini tersingkirkan.

Ya, dilihat dari jenisnya, di dunia ini ada dua buah jenis kamera. Pertama kamera manual dan kedua kamera digital. Bagaimana dengan kamera jenis lomo atau kamera mirrorless? Mereka juga termsuk jenis kamera dan berdiri di ranah masing-masing. Kamera Lomo merupakan jenis kamera yang masuk di ranah Manual atau Analog. Sedangkan kamera mirrorless adalah kamera yang berada dalam ranah kamera digital.

Lalu apkah berbeda kamera miroorless itu dengan kamera DSLR? Jawabannya sama. Dari segi fungsi sama. Yang membedakannya hanyalah dari segi desain saja. Seperti yang banyak dari kita ketahui, kamera DSLR merupakan kamera dengan bentuk yang besar, cenderung berat namun hasil fotonya mantap. Nah di kamera mirrorless, anda tidak akan menemukan body yang wide dan berat. Namun sebaliknya kamera mirrorless mempunyai body yang ramping dan stylish. Kemampuannya tidak jauh berbeda dengan kamera DSLR. Lensanya pun dapat digonta-ganti. Hasil kamera pun sama-sama tajam. Bisa dibilang kamera mirrorless adalah next generation dari dunia kamera.

Baca Juga:  Manfaat Menarik Kamera Digital

Dari sana kita akan menyimpulkan perbedaan apa saja yang mewarnai dunia kamera analog dan digital ini? Sebenarnya ada beberapa perbedaan yang menonjol. Namun ada dua perbedaan besar yang membedakan keduanya. Apa sajakah itu? Dua hal tersebut adalah perbedaan sistem kerja, dan perbedaan media penyimpanan. Ya, kamera Manual dan kamera Digital, sebenanrnya Keduanya mempunyai fungsi yang sama, namun dengan sistem operasional yang berbeda. Kamera Analog atau yang biasa disebut dengan kamera SLR adalah kamera yang mempunyai sistem kerja dengan cara menyalurkan cahaya yang dibidik langsung ke kedua tempat sekaligus. Yaitu langsung menuju ke Focal plane dan View vinder. Sehingga hasil foto yang dijepret akan sama persis dengan foto yang dihasilkan.Sedangkan sistem kerja pada kamera Digital menggunakan lensa ganda sebagai refelksi penangkapan cahayanya. Dimana peran utama bukan dipegang oleh Focal plane dan View vinder namun oleh auto focus dan Zoom.

Dari segi penyimpanan, kedua jenis kamera ini mempunyai model penyimpanan yang jauh berbeda. Di kamera manual, media penyimpanan roll 35 mm menjadi tumpuan utama. Sedangkan untuk kamera DSLR media penyimpanannya menggunakan memorycard. Kalau dilihat dari segi ribet dan enggaknya, tentu penggunaan memory card jauh lebih enak ketimbang roll 35 mm. Namun keunggulan roll 35 mm, anda dapat mencetaknya berapa besarpun ukuran foto yang ada inginkan tanpa pecah.  

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *