Perbedaan Harga Kamera Menurut Jenis Digital, DSLR, dan Instax

Harga kamera yang dibeli oleh masyarakat tentunya berbeda-beda berdasarkan banyak faktor. Misalnya dari jenis, merek, dan fasilitas, fitur, hasil gambar, lensa, dan juga masih banyak pertimbangan lainnya. Jenis kamera tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga dari kamera yang nantinya akan dipilih. Sehingga sebaiknya memilih jenis kamera yang dibutuhkan agar membayar harga yang sesuai dengan kamera tersebut.

Untuk beberapa jenis kamera yang ada di pasaran yang bisa dipilih oleh masyarakat terutama untuk pecinta fotografi adalah sebagai berikut:

  • Kamera pocket adalah jenis kamera pertama yang dikenal juga dengan kamera digital. Jenis ini mempunyai bentuk yang kecil dan sangat praktis dibawa kemana-mana. Untuk hasil foto dari jenis kamera ini tergantung dari kamera yang dipilih misalnya besarnya pixel kamera yang dipilih.
  • Kamera SLR adalah jenis kamera yang cara kerjanya dengan memantulkan pembidikan dari prisma dan cermin yang ada pada kamera sehingga dapat menghasilkan efek paralax.
  • Kamera DSLR adalah jenis kamera yang bisa untuk menangkap gamar dengan lebih baik dibandingkan jenis lainnya dan sangat cocok untuk kamera profesional.
  • Kamera range finder adalah jenis kamera yang pembidikannya sama dengan jenis SLR.
  • Kamera medium format adalah jenis yang cara kerjanya dengan SLR tetapi mempunyai ukuran film lebih besar.
  • Kamera large format adalah jenis yang mempunyai film lebih besar.
  • Kamera instax merupakan jenis kamera langsung cetak.

Untuk jenis kamera yang sering digunakan sendiri ada tiga yaitu kamera digital, kamera DSLR, dan juga kamera instax. Untuk perbedaan harga kamera tersebut akan dibahas disini sehingga Anda bisa menentukan jenis kamera yang nantinya akan dipilih dan cocok dengan biaya yang disiapkan untuk membeli kamera baru. Untuk jenis kamera digital atau pocker adalah yang harganya paling murah daripada jenis semuanya yaitu sekitar 800 hingga 1 jutaan rupiah keatas.

Baca Juga: Kamera DSLR Murah Meriah untuk Pemula

Jenis kamera yang kedua yang sering digunakan adalah kamera DSLR. Untuk harganya sendiri sangat beragam tergantung mereknya. Harga umum dari kamera DSLR ini sekitar 5 jutaan sudah mendapatkan kamera yang cukup bagus dari hasil dan juga lensa yang digunakan. Akan tetapi jenis ini sendiri sekarang sudah sering digantikan dengan jenis kamera mirrorless karena mempunyai fungsi yang sama tetapi dengan berat dan juga bentuk yang lebih praktis daripada jenis kamera DSLR.

Harga kamera jenis ketiga yaitu instax adalah sekitar 900 hingga 1 jutaan lebih. Jenis ini merupakan kamera yang akan langsung bisa mencetak gambar yang sudah diambil. Untuk jenis kamera ini harus mengisi kertas foto yang ada di dalamnya yang harganya berkisar antara 200 ribuan untuk isi 20 hingga 40 isi tergantung dari kualitas kertas cetak foto tersebut.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *