Perawatan Kamera DSLR Yang Benar Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Merawat kamera DSLR sudah seharusnya dilakukan secara berkala. Tujuannya selain agar kamera tidak mudah rusak, perawatan kamera dapat mempengaruhi kinerja kamera dalam waktu yang lama. Berikut ini tips merawat kamera DSLR yang bisa Anda lakukan sendiri.

Jauhkan Kamera Dengan Air

Walaupun ada beberapa jenis kamera yang mengkalim tahan air sebaiknya tetap jauhkan dari air atau benda basah lainnya. karena air bisa menimbulkan lembab pada komponen internal kamera dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen yang lembab tersebut.

Bersihkan Lensa

Lensa kamera mempengaruhi hasil gambar yang terlihat jelas dan jernih. Bagian  kamera ini merupakan bagian sensitif. Oleh sebab itu perlu dijaga kebersihannya. Salah satu cara membersihkan kamera adalah dengan menggunakan cleaning kit atau cairan pembersih khusus lensa. Dengan cairan tersebut lensa akan terbebas dari jamur dan debu. Perawatan kamera menggunakan cairan yang benar adalah dengan menyemprotkannya terlebih dulu ke microfiber, lalu usapkan ke lensa. Jangan sekali-kali menyemprotkan langsung cairan ke kamera.

Matikan Kamera

Jika Anda akan mengeluarkan baterai atau memory card pastikan kamera dalam kondisi off atau mati. Karena jika mengambil komponen tersebut dalam kondisi kamera masih menyala menyebabkan komponen internal kamera yang masih bekerja akan mati mendadak dan bisa menyebabkan kerusakan.

Gunakan Pelindung Layar LCD

Seringkali pemilik kamera DSLR mengesampingkan layar LCD pda kamera. Padahal sama halnya dengan lensa, layar LCD kamera merupakan bagian yang sensitif terhadap debu, air dan bekas sidik jari. Oleh sebab itu gunakan layar pelindung sebagai solusi mencegah layar LCD mengalami kerusakan.

Baca Juga: 4 Panduan Perawatan Kamera DSLR Untuk Umum

Pasang Filter Pada Lensa

Banyak fotografer pemula yang menganggap penggunaan filter pada lensa hanya digunakan untuk kebutuhan kualitas gambar yang diambil. Padahal fungsi filter bisa menjaga lensa dari dampa buruk sinar matahari, debu dan kotoran. Jika demikian akibatnya kualitas gambar menjadi berkurang.

Merawat Baterai

Umumnya baterai kamera akan bertahan sekitar 500 kali siklus pengisian atau charging. Setelah melewati batas tersebut kualitas daya tahan baterai akan berkurang dan harus diganti dengan baterai baru. Oleh sebab itu merawat baterai sangat diperlukan agar kamera lebih tahan lama. Salah satu cara merawat baterai adalah dengan menyimpan baterai atau kamera tidak di suhu yang ekstrem. Jangan lupa untuk mengisi baterai jika camera sudah tidak digunakan lagi.

Menggunakan Lensa Hood

Tujuan penggunaan lensa hood tidak hanya untuk membuat tampilan kamera keren. Lensa ini dapat berfungsi sebagai pelindung sensor agar cahaya yang masuk pada lensa tidak berlebihan. Apabila cahaya masuk terlalu berlebih dapat mempengaruhi kinerja sensor pada kamera.

Itulah beberapa tips perawatan kamera yang benar.  Jangan lupa simpan kamera di tas khusus jika hendak membawa kamera. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *