Peralatan Tambahan Merekam Video dengan Kamera DSLR

Membuat film menggunakan kamera DSLR lebih praktis dan murah. Selain itu hasil dan kualitas gambarnya bagus tidak kalah dengan menggunakan kamera video. Karena salah satu kelebihan DSLR yang digunakan untuk merekam video adalah kualitas gambar videonya berkualitas tinggi.

Selain itu, kelebihan lainnya adalah warnanya yang terlihat terang dan terlihat nyata. Jika Anda sedang merencanakan membuat video dengan kamera DSLR, baik itu kebutuhan untuk film documenter, presentasi atau film pendek bisa menambahkan beberapa jenis peralatan yang dapat membuat Anda terlihat professional

Steady Cam

Pada saat merekam video dengan DSLR atau jenis kamera lainnya jika menggunakan tangan untuk menahan kamera kemungkinan hasilnya akan bergoyang. Walaupun berusaha tidak bergerak atau sampai menahan nafas tetap saja ada waktu saraf tangan bergerak.

Getaran bisa diminimalisir dengan menggunakan bantuan alat yang bernama steady cam atau shoulder ring. Fungsi Steady cam adalah untuk mencegah video yang direkam bergoyang atau bergetar. Menggunakan bantuan alat ini bisa membuat kamera dalam keadaan stabil, walaupun pengguna mengganti sudut pengambilan video.

Cara kerja steady cam sangat sedehana yaitu beban kamera disalurkan ke pundak orang yang merekam, sehingga getaran bisa diminimalisir. Pada beberapa jenis shoulder ring pro ada yang sudah dilengkapi dengan peralatan lainnya yang menunjang proses pembuatan video, yaitu: mic dan lampu.

Harga stready cam harganya lumayan mahal dikisaran RP 2 jutaan. Namun, jika Anda ini menghemat pengeluaran, bisa membuat sendiri peralatan ini dengan bahan-bahan yang lebih murah.

Baca Juga:Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR Untuk Kebutuhan Video

Follow Focus

Salah satu kekurangan DSLR adalah tidak semua jenis kamera DSLR dilengkapi fokus yang memadai. Biasanya saat merekam video kamera akan masuk ke mode live view dengan menggunakan sistem deteksi kontras yang lambat.

Beberapa vendor kamera berusaha mengatasi masalah tersebut dengan memproduksi kamera yang memiliki sensor dual pixel dan lensa stepper motor, seperti pada kamera pabrikan Canon dan Sony A6000 atau A7S yang sudah memiliki fitur autofocus yang cepat.

Jika kamera tidak dilengkapi dengan fitur autofocus, solusinya bisa menggunakan follow fokus. Namun sayangnya harga alat ini masih sangat mahal.

Slider

Saat mengambil gambar atau merekam video yang sederhana kadang fungsi slider lebih penting dibandingkan dengan tripod. Hal tersebut karena dengan menggunakan slider dapat membuat efek cinematic yang tidak didapatkan dari tripod.

Bentuk slider seperti sebua rel dengan quick release plate tempat untuk menyimpan kamera. Sehingga memungkinkan kamera bergerak maju, mundur, kekanan dan kekiri dengan gerakan yang halus.

Selain peralatan-peralatan tersebut, masih ada peralatan lainnya yang membantu proses pembuatan video menggunakan kamera DSLR, seperti: tripod, matte box, filter ND, lampu LTD atau lampu portable, LCD monitor, microphone, audio recorder dan masih ada peralatan lainnya yang membantu menghasilkan video yang berkualitas dan lebih professional.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *