Pemula Wajib Tahu, ini Penjelasan Penting Dalam Penggunaan Flash Kamera

Pemula Wajib Tahu, ini Penjelasan Penting Dalam Penggunaan Flash Kamera

Berbicara mengenai fotografi dan cara mendapatkan foto yang terbaik, kebanyakan orang hanya berpaku pada kamera saja. Namun, jangan salah, karena alat pendukung dan aksesoris kamera lainnya juga berperan penting dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi Salah satunya seperti flash kamera.

Pada umumnya, orang beranggapan jika flash kamera hanya digunakan pada saat objek foto yang ingin dibidik tidak mendapatkan cahaya yang maksimal. Namun, rupanya tidak seperti itu karena flash bisa digunakan di berbagai kondisi agar bidikan objek yang tertangkap kamera bisa sempurna. yang didapat bisa maksimal. Untuk lebih mengenal lebih lanjut mengenai flash pada kamera, Anda bisa menyimak ulasan lengkap berikut ini.

Pemula Wajib Tahu, ini Penjelasan Penting Dalam Penggunaan Flash Kamera
Pemula Wajib Tahu, ini Penjelasan Penting Dalam Penggunaan Flash Kamera

Penjelasan Mengenai Flash Kamera

Flash kamera adalah salah satu perlengkapan kamera yang mampu membantu dalam pencahayaan ketika exposure sudah dimaksimalkan namun objek foto tetap saja masih kekurangan cahaya. Saat Anda tidak menggunakan flash, maka Anda harus menggunakan sumber cahaya alami, seperti matahari. Namun, jika Anda memiliki flash, maka Anda tidak perlu bergantung pada sumber cahaya lainnya. Selain lebih mudah dikendalikan, cahaya pada flash juga bisa diandalkan dalam mengambil foto yang berkualitas tinggi.

Baca juga: Jenis Filter Lensa Kamera yang Wajib Diketahui Oleh Fotografer Pemula

Penggunaan flash di tempat terang

Penggunaan flash kamera tidak hanya diperuntukkan untuk keadaan tempat yang gelap atau minim cahaya, melainkan flash juga bisa tetap digunakan di tempat yang terang, seperti saat Anda ingin mengoptimalkan pencahayaan ke satu objek atau memberikan penerangan pada satu objek yang backlight secara rata. Tak heran jika fotografer profesional selalu membekali pemotretan mereka dengan flash karena flash lebih mudah dikontrol dibanding sinar matahari.

Kesulitan dalam penggunaan flash

Banyak pemula dalam dunia fotografi menganggap jika penggunaan flash kamera adalah sulit dan membutuhkan teknik khusus. Namun, nyatanya tidak, tergantung tujuan Anda menggunakan flash. Jika Anda menggunakan flash pada tempat remang atau gelap, maka Anda hanya perlu memasang flash dan membidik kamera ke obyek ingin Anda foto. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan flash untuk manipulasi cahaya yang fokus ke suatu obyek, maka Anda harus pintar-pintar mengatur cahaya dan membidik kamera dengan sudut yang tepat agar foto yang Anda hasilkan nantinya bisa sempurna.

Cara memilih flash terbaik, terutama untuk para pemula

Jika Anda belum memiliki pengalaman yang memadai dalam memilih flash kamera, ada baiknya Anda memastikan dulu bahwa power flash pilihan Anda sudah cukup mendukung, yakni dengan cara melihat guide numbernya atau GN. GN ini berfungsi untuk menentukan berapa kekuatan flash yang dinyalakan. Semakin besar ukuran GN flash, maka tentu saja harganya semakin tinggi. Jika Anda membutuhkan flash kamera untuk pemotretan outdoor makan pilihlah flash yang berada di atas 30.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *