Pasang Kamera CCTV Sendiri di Rumah dengan Cara Berikut!

Keamanan lingkungan di sekitar rumah tentu menjadi salah satu hal yang patut untuk dipertimbangkan dengan baik. Hal ini lantaran kejahatan bisa selalu terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di area yang mungkin dirasa paling aman, yaitu rumah. Selain memasang gerbang atau selalu mengunci pintu dengan baik, Anda juga sepertinya perlu memasang kamera CCTV sehingga bisa selalu terpantau di area rumah selama 24 jam penuh meski Anda sedang ada atau tidak di rumah.

Kini sudah banyak sekali toko dan jasa yang menyediakan CCTV ini. Jika memang Anda menemukan toko yang bisa memberikan bonus pemasangan CCTV sekaligus, maka tidak perlu pusing untuk pasang CCTV sendiri. Namun berbeda jika Anda harus membayar uang tambahan untuk biaya pemasangan. Jika ingin berhemat, maka bisa langsung dengan memasangnya sendiri dengan tips berikut ini:

  • Pilih CCTV

Sebelum pemasangan, tentu Anda harus bisa memilih kamera CCTV terbaik. Banyak sekali jenis CCTV yang ada di pasaran sehingga Anda harus bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, misalnya CCTV lens angle, Vari Vocal Lens dan masih banyak lagi dengan spesifikasi dan kelebihannya masing-masing. Untuk CCTV terjangkau adalah TVL dimana spesifikasinya tetap bagus dengan rekam tayang tetap jelas.

  • Karakteristik CCTV

Karakteristik pada CCTV ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tata letaknya. Misalnya saja jika Anda akan memasang di luar rumah, maka CCTV wajib tahan dengan sinar matahari serta guyuran air. Karakteristik untuk CCTV luar ruangan cenderung lebih kompleks karena memang harus mumpuni misalnya saja dengan memiliki kemampuan reduksi cahaya.

  • Tata letak

Setelah Anda bisa mendapatkan CCTV yang tepat, selanjutnya tinggal menentukan tata letak yang pas sehingga dari segala angle rumah bisa terekam dengan jelas. Beberapa lokasi umum yang kerap dijadikan peletakan CCTV adalah di plafon, tembok hingga secara kamuflase sehingga tidak ada yang tahu jika rumah Anda terpasang CCTV. Tentukan obyek yang diawasi serta jarak pandang dan ketinggiannya sehingga terekam jelas.

  • Pasang CCT
  • Siapkan perlengkapan DVR, CCTV, kabel, bor dan perlengkapan lainnya.
  • Rancang semuanya dan pasang jaringan internet yang mendukung ke DVR.
  • Selanjutnya pada sistem keamanan, installah software CCTV.
  • Hubungkan konektor ke DVR dan apabila perlu maka konfigurasikan untuk bisa mengambil sinyal sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda akan memasang CCTV sendiri di rumah atau di lingkungan lainnya. Kamera CCTV kini kian banyak dibutuhkan mengingat kejahatan di semua lingkungan selalu bisa terjadi kapan saja. Dengan CCTV, maka Anda akan bisa mendapatkan bukti jika terjadi kejahatan di lingkungan rumah Anda yang bisa diserahkan ke polisi nantinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *