Home Gadget Kegunaan Fitur NFC Dan Cara Menggunakannya Di Hp Android!

Kegunaan Fitur NFC Dan Cara Menggunakannya Di Hp Android!

by Erin Nuzulia
nfc

NFC adalah kepanjangan dari NearField Communication, dimana merupakan perangkat pembantu yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara dua smartphone. Komunikasi ini terjadi dengan hanya mendekatkan smartrphone antara satu dengan yang lainnya. NFC sendiri sudah disematkan di smartphone kelas menengah ke atas sebagai fitur utama tambahan untuk semakin mempermudah transfer data dan lain sebagainya.

Adapun fungsi dari nfc itu sendiri selain untuk melakukan transfer data tanpa menggunakan Bluetooth atau kabel data antara lain adalah untuk membuka kunci smartphone secara langsung, melihat saldo emoney yang tersisa dengan mendekatkan kartu emoney, dan mengisi saldo emoney bahkan melakukan pembayaran digital secara langsung.

Penasaran dengan apa yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan nfc? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

  1. Cara penggunaan

Seperti yang telah disinggung di atas, NFC adalah perangkat komunikasi yang akan berfungsi jika perangkat lain untuk melakukan komunikasi telah aktif dan dekat jangkauannya. Untuk mengaktifkan fungsi dari nfc itu sendiri, kamu cukup menyentuhkan smartphonemu dengan perangkat lainnya hingga menu transfer data bisa dilakukan. Sederhananya, nfc adalah perangkat untuk memudahkanmu dalam berbagai aktivitas komunikasi kekinian.

nfc

Canggihnya lagi, kini kamu tak perlu menyambungkan smartphone dengan speaker maupun headset untuk mendengarkan lagu. Melainkan kamu cukup dengan mendekatkan smartphonemu dengan perangkat suara tersebut dan secara otomatis nfc akan bekerja untuk menghubungkan lagu. Selain itu, kamu bahkan juga bisa melihat video atau presentasi dari smartphone ke tv dengan memindahkannya langsung melalui nfc. Sangat ringkas bukan?

  1. Sebagai alat untuk melakukan pembayaran

Fungsi lain dari nfc yang akan dijelaskan adalah nfc bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Dengan fungsi ini, kamu bahkan bisa menyimpan informasi kartu kreditmu dalam aplikasi seperti Paypal yang ada di smartphonemu.

Baca Juga:   Nokia X6: Gadget Mewah dengan Harga Murah

Cara menggunakan nfc untuk fungsi ini pun cukup mudah yakni kamu hanya perlu mendekatkan smartphone ke dekat tempat pembayaran saat dibutuhkan. Aktivitas ini dilakukan dengan cashless dan bahkan kamu tak perlu mengeluarkan bukti fisik kartu kreditmu, memasukkan PIN maupun tanda tangan terlebih dahulu.

  1. Keamanan fitur untuk para pengguna

Setelah memiliki banyak fungsi yang diantaranya adalag sebagai alat pembayaran, maka pertanyaan berikutnya adalah tentang keamanan fitur nfc ini untuk para penggunanya. Secara procedural, penggunaan nfc untuk pembayaran maupun aktivitas komunikasi pengguna lainnya dinilai aman karena sebenarnya terjadi proses verifikasi yang secara tidak langsung dilakukan antara dua perangkat.

Proses verifikasi tersebut terjadi saat kamu akan melakukan pembayaran maupun komunikasi apapun lalu kemudian salah satu perangkatnya tidak akti atau tidak benar penempatannya, maka secara otomatis kegiatan transfer data tersebut tidak akan terjadi.

nfc 1

Meskipun didekatkan dengan beragam cara, proses pembayaran maupun transfer data akan gagal secara langsung. Selain itu, khusus untuk fitur pembayaran dengan menggunakan nfc, pengguna juga harus membuka aplikasi pembayaran tersebut di smartphone.

Demikianlah penjelasan dan kegunaan dari nfc yang harus kamu tahu. Meski banyak manfaatnya, kamu harus tahu dulu bagaimana cara menggunakannya ya! Untuk jarak antara dua perangkat itu sendiri, kamu membutuhkan kurang lebih 1 hingga 3 centimeter agar fitur nfc di smartphonemu bisa dijalankan dengan baik. Jika lebih dari 4 centimeter misalnya, nfc mu bisa tidak aktif loh.

Selamat mencoba dan nikmati segala kemudahan komunikasi dengan nfc ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More