Merawat Baterai Kamera Yang Benar Agar Tahan Lama

Baterai kamera merupakan komponen penting yang berhubungan langsung dengan aktivitas memotret. Hampir semua peralatan elektronik portable menggunakan baterai sebagai sumber energi listrik. Dengan baterai, pengguna tidak perlu repo-repot mencari sumber listrik untuk bisa menggunakan peralatan tersebut.

Menggunakan peralatan elektronik yang menggunakan baterai (portable) lebih praktis dan ringkas, karena bisa dengan mudah dibawa kemana-mana. Secara umum ada dua jenis baterai yaitu single use dan batu baterai yang bisa diisi ulang.

Agar baterai bekerja lebih optimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah merawat baterai agar kinerjanya lebih optimal. Berikut ini cara perawatan baterai kamera yang tepat dan ini berlaku juga untuk perawatan baterai pada perangkat elektronik lainnya.

Pemakaian Pertama Kali

Pada waktu pertama kali membeli perangkat elektronik atau baterai sebelum digunakan charger dulu hingga penuh. Hal ini dilakukan untuk mengetahui performa baterai tersebut. Baterai yang bagus umumnya akan bertahan hingga 1,5 – 2 jam.

Penyimpanan Baterai

Pada suhu yang dingin atau rendah bisa menyebabkan daya tahan baterai sedikit demi sedikit berkurang. Selain itu hindari menyimpan baterai di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan baterai menurun performanya.Jadi sebaiknya simpan baterai di tempat yang hangat. Suhu yang tepat untuk menyimpan baterai adalah 20-30 derajat celcius.

Penggunaan Dan Pengisian Daya Baterai

Jika kamera tidak sedang digunakan apalagi dalam waktu yang lama sebaiknya lepaskan baterai dari dalam kamera atau charger saat sedang tidak digunakan. Jika tidak sedang digunakan dan baterai terpasang bisa menyebabkan daya tahannya berkurang sedikit demi sedikit. Jika akan disimpan dalam waktu yang lama, usahakan kondisinya habis. Charger sebaiknya diisi sekitar 15 menit, setiap 6 bulan1 kali.

Isi daya baterai saat kondisinya benar-benar sudah habis karena hal ini bisa membuat kondisi kinerja baterai lebih tahan lama. Jangan charger (isi daya) saat kondisi baterai masih penuh. Jenis baterai biasa umumnya bisa dilakukan penchargeran sebanyak 300-500 kali. Setelah itu akan terlihat tanda-tanda aus seperti penurunan daya yang cepat walaupun sudah diisi penuh. Jika kondisinya demikian maka baterai harus segera diganti.

Jika sudah tidak  digunakan lagi, jangan dibuang karena baterai bekas bisa didaur ulang kembali. Baterai yang tidak original (KW) kiinerja dan kondisinya tidak sebaik baterai original (asli). Namun baterai KW harganya lebih murah, jadi baterai ini bisa dijadikan cadangan.

Memilih baterai kamera harus harus hati-hati karena jika salah pilih bisa menyebabkan kerusakan pada kamera. Selain itu baterai harus dirawat dengan cara yang benar dan tepat agar lebih awet dan bertahan lama. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *