Menilik Kamera SLR yang Menjadi Cikal Bakal Kamera Digital

Hobi fotografi yang saat ini banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia membuat kamera digital menjadi produk teknologi yang banyak diincar untuk dibeli. Jenis kamera digital yang saat ini populer adalah kamera DSLR atau kamera mirrorless. Namun sebelum kedua jenis kamera tersebut, ada beberapa jenis kamera digital lainnya yang lebih dahulu eksis di dunia fotografi. Kamera tersebut adalah kamera slr yang juga merupakan nenek moyangnya kamera digital. Apa perbedaan kamera dslr dan slr sehingga membedakan kedua kamera tersebut? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Seperti namanya, slr merupakan kepanjangan dari single lensa refleks yang menggunakan jajaran lensa tunggal untuk meneruskan cahaya. Refleksi yang digunakan dalam kamera ini merupakan refleksi dari cahaya yang melewati lensa dan bukan dari pantulan lensa seperti pada DSLR yang menggunakan double lensa. Terdapat pentaprisma yang menangkap cahaya untuk diteruskan hingga mengenai jendela bidik. Saat shutter dilepaskan oleh user maka bayangan akan ditangkap oleh film sehingga terbentuk foto.

Meski menggunakan jajaran lensa tunggal, namun kamera slr ini merupakan cikal bakal kamera digital yang menggunakan lensa ganda. Memiliki kelebihan yang paling mumpuni saat itu yaitu bisa diganti-gantinya lensa yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis lensa yang bisa digunakan untuk kamera lensa tunggal yang banyak dipasaran:

BAca Juga:Model & Harga Kamera SLR Canon dan Nikon Terbaru 2017

  • Lensa standar untuk membentuk gambar standar seperti yang tertangkap lensa.
  • Lensa wide eye, untuk membentuk gambar yang luas dengan menggunakan ruangan yang sempit. Dengan lensa ini, gambar akan dibuat lebih kecil dari aslinya. Biasa digunakan untuk memotret jajaran orang ketika berbaris atau objek lebar lainnya.
  • Lensa fish eye, digunakan untuk hasil gambar yang melengkung menyerupai mata kucing.
  • Lensa tele untuk mengambil gambar kecil atau fokus detail dari lokasi yang lebih lebar misalnya memotret bola di lapangan sepak bola dan sebagainya.
  • Lensa makro, digunakan untuk memotret benda yang kecil seperti hewan kecil atau partikel bunga.

Sebagai nenek moyang kamera digital, berbagai kelebihan kamera ini digunakan lagi untuk membentuk kamera berlensa ganda. Namun kamera dslr memiliki penyempurnaan dalam hal tangkapan cahayanya sehingga bisa menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dengan efek yang lebih lengkap. Namun perbedaan utama yang ada adalah penggunaan film sebagai media penangkap gambar dimana kamera dslr saat ini sudah tidak lagi menggunakan film namun sudah menggunakan sensor CMOS.

Jika Anda penyuka kamera jadul maka kamera slr ini bisa menjadi salah satu koleksi yang berharga. Untuk mendapatkannya mungkin Anda harus mencari di beberapa toko antik karena saat ini sudah banyak produsen kamera lebih memproduksi kamera dslr karena lebih banyak peminatnya. Harga slr juga lebih terjangkau dibandingkan kamera dslr untuk saat ini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *