Menilik 4 Keuntungan Menarik Memakai Kamera Manual Dibanding Digital

Berbicara mengenai kamera manual atau kamera analog memang terbilang menarik sebab meski sudah tergeser kamera digital. Namun keberadaannya masih bisa ditemukan karena ada banyak orang yang rupanya lebih nyaman memotret memakai kamera jenis ini. Bisa dikatakan untuk generasi masa sekarang menganggap usia kamera analog jauh lebih tua dibanding umur penggunanya. Memang tidak salah, sebab sebelum kamera digital hadir ternyata kamera analog ini sudah lebih dulu menjadi media mengabadikan berbagai moment lewat foto.

Keuntungan Memakai Kamera Model Manual

Sebagai salah satu jenis kamera yang tahan terhadap perubahan zaman tentu mencoba menggunakannya akan menjadi pengalaman menarik. Sebab ada beberapa keuntungan bisa dipetik, misalnya:

  • Komponen kamera tahan banting,

Komponen yang menyusun kamera analog ini sebagian besar bukanlah komponen elektronik, yang ternyata menjadi salah satu kelebihannya. Pasalnya dengan komponen yang tidak berkaitan dengan sistem elektronik membuatnya tahan banting. Inilah alasan mengapa kamera lawas ini tetap awet dan bisa berfungsi dengan baik meski umurnya sudah sangat tua. Ketika terciprat air ataupun terjatuh jangan heran kamera ini masih bisa difungsikan dengan baik.

Baca Juga: Kamera Mirrorless yang Bisa Menjadi Pilihan

  • Tidak mengenal batasan resolusi,

Pernahkah Anda kecewa saat mencetak foto dari kamera digital yang sengaja memperbesar ukuran untuk dipajang di figura jumbo? Biasanya kekecewaan akan dirasakan karena hasil foto menjadi kurang maksimal, terdapat blur dimana-mana dan kurang layak dipajang. Berbeda jika Anda memakai kamera manual yang ternyata tidak memiliki batasan resolusi. Ketika berencana mencetak dengan kertas super lebar sekalipun dijamin hasilnya tetap jernih. Berbeda dengan kamera digital yang ketika dicetak perlu disesuaikan dengan resolusi kamera itu sendiri.

  • Bisa dipakai untuk waktu yang lama,

Mayoritas pengguna kamera digital merasa sengsara dan bodoh karena kehabisan baterai saat memotret. Kejadian semacam ini tentu sering dirasakan sebab kamera digital memang memiliki daya baterai terbatas. Alhasil tidak bisa dipakai seharian penuh yang membuat hasil foto bisa sangat terbatas. Sementara untuk kamera analog ini Anda tidak terikat oleh baterai, sehingga selama roll film masih tersedia maka akan mampu memotret sepanjang hari. Jika merasa jengah dengan resiko baterai kamera yang habis maka bisa beralih ke kamera analog ini.

  • Menghapus kebutuhan kartu memory,

Penggunaan kamera digital membuat siapa saja perlu menambahkan kartu memory sebagai tempat foto yang diambil tersimpan baik. Sebab kamera tersebut dirancang memerlukan perangkat tambahan agar hasil foto bisa disimpan dan dilihat langsung. Sementara untuk kamera analog Anda tidak butuh namanya kartu memory, sebab semua foto otomatis tersimpan di film. Resiko foto mengalami corrupt pun bisa dihindari, sehingga meski tersimpan lama kondisi foto tetap terjaga tidak heran pecinta kamera manual jumlahnya tetap banyak sampai sekarang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *